Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

KPw BI Jateng Benarkan Terjadi Pergeseran Pola Belanja Masyarakat

Rahmat Dwisaputra
Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Jateng
Semarang, Tutupnya beberapa toko ritel yang ada di kota besar, khususnya Jakarta, tidak ada kaitannya dengan penurunan daya beli atau tingkat konsumsi masyarakat. Sebab, daya beli masyarakat masih stabil dan cenderung positif. Hal itu ditegaskan Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra, menyikapi tutupnya sejumlah toko ritel sekarang ini.

Menurut Rahmat, fenomena yang terjadi sekarang adalah perubahan perilaku masyarakat sebagai konsumen ketika memilih membelanjakan uangnya. Atau yang dikenal dengan istilh "disruption". Yakni, berkembangnya informasi teknologi yang merambah ke sektor ritel atau belanja online.

Dirinya menyebutkan, dua perusahaan yang bergerak di jasa pengiriman barang dan makanan minuman mengalami peningkatan positif dalam beberapa tahun terakhir ini. Yakni PT Fastfood Indonesia yang mencatat pertumbuhan sebesar 15,88 persen pada triwulan kedua tahun ini, dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia yang mengaku ada pertumbuhan sebesar 11,81 persen selama empat tahun ini.

"Kayaknya jawaban kita sudah semakin mengerucut, yaitu terjadi pergeseran pola atau cara belanja masyarakat. Yang tadinya datang ke toko ritel, sekarang sudah bisa lewat online," kata Rahmat, Jumat (3/11).

Lebih lanjut Rahmat menjelaskan, sebenarnya tutupnya toko-toko ritel tidak hanya terjadi di Jakarta atau Indonesia saja. Beberapa negara juga mengalaminya. Misalnya di Malaysia, ada lima gerai atau supermarket besar yang harus tutup karena pergeseran pola belanja konsumen.

"Jadi, daya beli masyarakat tidak turun tapi adanya pelemahan penjualan dari gerai. Ini yang membuat mereka tutup," tandasnya. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar