Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Masih Ada 30 Persen Nelayan Juwana Belum Beralih Dari Cantrang

Kapal-kapal nelayan merapat di TPI Unit II Pelabuhan Juwana menurun-
kan muatan ikan hasil tangkapan. 
Semarang, Pelarangan penggunaan alat tangkap cantrang yang diberlakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan hingga akhir Desember 2017, sudah mulai diterapkan. Beberapa nelayan mulai mengalihkan alat tangkapnya ke yang dianjurkan pemerintah.

Sejumlah nelayan Juwana di Kabupaten Pati misalnya, banyak yang sudah beralih ke alat tangkap ramah lingkungan. Di antaranya adalah gill net atau jaring insang dan purse seine atau jaring lingkar.

Kepala Urusan Teknik Lelang TPI Unit II Juwana Win Ice Setyo Edi mengatakan yang sudah beralih dari alat tangkap cantrang, adalah para nelayan dengan kapal di atas 30 Gross Ton (GT). Khusus nelayan di Juwana, ada perbedaan antara nelayan di TPI Unit I dengan Unit II.

Para nelayan di TPI Unit I, jelas Win, alat tangkap yang dipakai adalah purse seine. Sebab, ikan tangkapannya lebih besar dibanding Unit II Juwana. Yakni ikan tuna, tengiri, manyung dan ikan-ikan besar lainnya.

Sedangkan nelayan di TPI Unit II, alat tangkapnya lebih kecil karena ikan tangkapannya juga kecil. Yakni, ikan pindang dan lempuru. Sehingga, jaring yang dipakai adalah gill net atau jaring insang dan dianggap ramah linkungan.

Sampai dengan saat ini, lanjut Win, hampir 70 persen nelayan di Juwana sudah beralih dari alat tangkap cantrang ke ramah lingkungan.

"Sudah ada nelayan yang beralih alat tangkap yang dari cantrang ke yang dibolehkan pemerintah. Yaitu, gill net. Sekarang tinggal 40-50 unit kapal nelayan yang belum ganti alat tangkapnya," kata Win.

Diwartakan sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menyiapkan pengganti alat tangkap cantrang. Yakni Gill net, atau jaring vertikal penangkap ikan. Namun, tidak semua nelayan mendapatkan Gill net. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar