Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pengumuman di Bandara Ahmad Yani Pakai 3 Bahasa, Salah Satunya Bahasa Jawa

Semarang-Penggunaan Bahasa Jawa dalam sebuah pengumuman penerbangan di bandara, tentu terasa asing di telinga. Karena, biasanya yang dipakai adalah Bahasa Indonesia atau bahasa internasional, Bahasa Inggris.

Namun, apa jadinya kalau sebuah bandara menggunakan tiga bahasa sekaligus dalam mengumumkan jadwal penerbangan pesawat? 

Bandara Ahmad Yani Semarang dalam sepekan terakhir ini menerpakan tiga bahasa, untuk mengabarkan informasi kepada calon penumpang pesawat. Yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.

Kepala Pelayanan Umum PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang M. Dimyati mengatakan penggunaan Bahasa Jawa, mulai diberlakukan pada 22 November 2017. 

Menurutnya, penggunaan bahasa lokal di bandara masih di Pulau Jawa. Tujuan menggunakan bahasa lokal di bandara, agar pengguna atau calon penumpang bisa memeroleh informasi tentang jadwal penerbangan pesawat yang akan ditumpanginya.

Selain itu, jelas Dimyati, untuk melestarikan dan memunculkan kecintaan terhadap bahasa daerah bagi anak-anak muda.

"Bahasa daerah sekarang yang dipakai sebagai pengumuman di Bandara Ahmad Yani, sebelumnya sudah melalui proses editing dan evaluasi dari Dinas Pendidikan setempat. Penggunaan bahasa daerah ini sesuai dengan perintah dari direksi," kata Dimyati.

Lebih lanjut Dimyati menjelaskan, selama sepekan ini penggunaan Bahasa Jawa di bandara mendapat respon positif dari para calon penumpang. Para calon penumpang mengapresiasi penggunaan Bahasa Jawa dan merasa terbantu.

Diketahui, di luar negeri bandara yang menggunakan Bahasa Jawa sebagai sarana penyampaian informasi adalah Bandara Internasional Dubai. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar