Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Setoran Pajak Tembakau Jadi Penyumbang Pajak Terbesar di DJP Jateng I

Irawan
Kepala Kanwil DJP Jateng I 
Semarang-Menjelang tutup tahun, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng I merealisasikan penerimaan pajak sebesar Rp25,3 triliun. Jumlah tersebut masih jauh dari target yang ditetapkan sebesar Rp31 triliun, atau hanya tercapai 75,82 persen saja.

Kepala Kanwil DJP Jateng I Irawan mengatakan pihaknya terus berupaya, untuk mengamankan realisasi penerimaan pajak 2017 sampai dengan akhir tahun. 

Menurutnya, penerimaan pajak tahun ini ada pertumbuhan sebesar 15 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun kemarin, realisasi penerimaan pajaknya hanya Rp21 triliun dan ditambah Rp8 triliun penerimaan dari Amnesti Pajak.

Dari sektor penerimaan pajaknya, jelas Irawan, industri tembakau memberikan sumbangan cukup besar bagi penerimaan pajak di Jateng I. Yakni, sebesar 22,9 persen dari total penerimaan. Selain itu, pertumbuhan pajak pertambahan nilai (PPn) juga cukup besar, sekira 23 persen.

"Pertumbuhan paling besar itu PPn kalau dari kita. PPn impor juga ada pertumbuhan. Setoran terbesar masih dari industri tembakau, yang kedua dari industri makanan minuman," kata Irawan.

Pada tahun depan, lanjut Irawan, pihaknya akan menggenjot penerimaan pajak di sektor lainnya yang berpotensi mendongkrak penerimaan pajak. Di antaranya industri tekstil dan juga koperasi simpan pinjam (KSP). (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar