Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Layani Tes Kesehatan Pilkada 2018, RSUP dr Kariadi Tambah 3 Dokter Spesialis

Cagub Sudirman Said (memakai peci) datang ke RSUP dr Kariadi untuk
menjalani pemeriksaan kesehatan tahap pertama, Jumat (12/1).
Semarang-Pemeriksaan kesehatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Jawa Tengah untuk tingkat provinsi dan Kabupaten Kudus, Tegal serta Kota Tegal dipusatkan di RSUP dr Kariadi Semarang, 12-13 Januari 2018.

Sebanyak 30 calon, terdiri dari dua calon gubernur (cagub) dan dua calon wakil gubernur (cawgub) ditambah lima pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Kabupaten Kudus, tiga pasangan calon Kabupaten Tegal serta lima pasangan calon wali kota (cawakot) dan calon wakil wali kota (cawakot) Tegal.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUP dr Kariadi Semarang dr Nurdopo Baskoro mengatakan sebelumnya, pihak rumah sakit menyiapkan 20 tim dokter yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para calon. Namun, karena jumlah calonnya cukup banyak maka pihaknya menambah tiga orang dokter spesialis.

Nurdopo menjelaskan, selama dua hari para calon akan menjalani pemeriksaan psikologi dan neurologi. Sedangkan pemeriksaan bebas narkoba yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng, juga dipusatkan di RSUP dr Kariadi.

Pemeriksaan lainnya yang lebih menyeluruh menyangkut kesehatan para calon, lanjut Nurdopo, meliputi pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan jasmani mengenai penyakit dalam, jantung, paru dan bedah (onkologi).

Selain itu, pemeriksaan lainnya adalah urologi, orthopedi, obstetri ginekologi, mata, THT, gigi dan mulut. Kemudian pemeriksaan penunjang lainnya meliputi ultrasonoghrapy (USG), foto rontgen toraks, spirometri dan audiometri nada murni. Sedangkan untuk calon perempuan, ditambah pemeriksaan USG transvaginal.

"Untuk tim dokter, kemarin ada 20 orang. Karena pesertanya banyak sekali, jadi kita tambah tiga dokter lagi. Totalnya jadi sekarang ada 23 dokter yang terlibat," kata Nurdopo.

Lebih lanjut Nurdopo menjelaskan, seluruh pemeriksaan kesehatan para calon nantinya akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng. Hasil tersebut rencananya akan diumumkan pada 26 Januari 2018 mendatang. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar