Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

KPU Jateng Sudah Selesaikan Coklit Para Pemilih

Petugas PPDP Kabupaten Pekalongan mendata identitas warga di
tengah kondisi banjir menggenangi rumah. Foto: ISTIMEWA
Semarang-Sejak 20 Januari sampai dengan 18 Februari 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menggelar proses pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap para pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

Komisioner KPU Jateng Muslim Aisha mengatakan sebanyak 27.088.592 pemilih sudah didatangi 64.171 petugas coklit, dan informasi dari petugas di KPU masing-masing kabupaten/kota di Jateng proses coklit sudah 100 persen selesai.

Menurutnya, yang saat ini sedang dilakukan para petugas coklit dan KPU di masing-masing kabupaten/kota adalah mencocokan data penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas). Sebab, tidak semua penghuni lapas merupakan warga setempat. Sehingga, perlu ada pencocokan dari antardaerah, agar tidak terjadi nama pemilih ganda.

Namun demikian, lanjut Muslim, selama proses coklit yang menjadi prioritas adalah warga di wilayah sulit dijangkau atau sedang mengalami bencana.

"Yang menjadi prioritas kami dalam proses coklit adalah di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau. Misalnya ke Karimunjawa Jepara atau daerah yang sedang mengalami bencana banjir. Namun hasil informasi dari temen-temen KPU kabupaten/kota, coklit sudah hampir 100 persen selesai," kata Muslim, Selasa (20/2).

Lebih lanjut Muslim menjelaskan, dari proses coklit juga bisa mendeteksi warga yang memiliki hak pilih namun belum melakukan rekam dana KTP elektronik. 

"Khusus untuk yang belum rekam data KTP el, kami akan koordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar