Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Lebaran, Bandara Ahmad Yani Yang Baru Siap Layani Pemudik

Pesawat Wings Air bersiap take off di landas pacu Bandara Ahmad Yani
yang lama. 
Semarang-Pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang ditargetkan bisa operasional pada tahun ini. Rencana awal pada Maret atau April 2018, sudah bisa dioperasionalkan meski masih belum sepenuhnya rampung pembangunan bandara baru itu.

General Manager Bandara Ahmad Yani Maryanto mengatakan sesuai dengan pembangunan di awal, pada Maret ini akan bisa dioperasionalkan bandara barunya. Hanya saja, saat ini masih dilihat perkembangan di lapangan apakah memungkinkan atau tidak.

Namun, jelas Maryanto, jika mengacu pada koordinasi dan konsultasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bandara baru sudah bisa melayani pemudik pada Lebaran nanti.

"Kalau nanti setelah dievaluasi ternyata molor, ya kita konsultasi lagi. Tapi yang pasti, dari hasil komunikasi dengan Pak Menhub bisa untuk operasional Lebaran walau belum optimal semua," kata Maryanto.

Menurutnya, progres pembangunan bandara terus berjalan dan yang menjadi kendala di lapangan adalah faktor cuaca.

Project Manager PT Angkasa Pura I Toni Alam menambahkan, proyek pembangunan bandara baru yang terdiri dari lima paket pekerjaan itu sudah mencapai kurang lebih 33 persen. Beberapa paket pekerjaan yang sudah selesai 100 persen adalah pembuatan akses jalan dan stabilitas lahan seta pembangunan apron dan taxiway. 

"Secara keseluruhan lebih kurang 33 persen untuk lima paket pekerjaan, itu progresnya. Yang masih terus berjalan pekerjaan bangunan penunjangnya dan terminal," ujarnya.

Toni menjelaskan, bandara yang baru nanti akan memiliki luas 58.652 meter persegi atau 10 kali lipat dari sebelumnya. Sementara, untuk kapasitas parkir atau apron mampu menampung hingga 10 pesawat narrow body dan dua pesawat wide body. Sedangkan kapasitas penumpangnya mencapai tujuh juta orang per tahun. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar