Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Mendagri Optimistis Pilkada 2018 Bisa Capai Angka Partisipasi Pemilih 78 Persen

Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri
Semarang-Pada tahun ini di seluruh wilayah di Indonesia, akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak. Baik memilih bupati/wali kota maupun gubernur.

Total daerah yang menggelar pilkada ada 171 daerah, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Rencananya, pemungutan suara akan dilakukan pada 27 Juni 2018.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan untuk pilkada tahun ini, dirinya berharap akan ada peningkatan angka partisipasi pemilih. Sebab, dirinya menargetkan angka partisipasi pemilih mencapai 78 persen dan optimistis bisa tercapai.

"Itung-itungan kami dengan KPU itu, karena di 2015 pencapaian suaranya 70 persen. Kemudian, di Pilkada 2017 dengan 101 daerah sudah meningkat 74 persen. Sekarang 78 persen itu minimal dan maksimalnya 87 persen," kata Tjahjo ketika menghadiri pra musrenbang Provinsi Jateng di Grhadika Bhakti Praja, Jumat (9/2).

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan, optimisme tersebut dilandasi dengan semangat para penyelenggara pilkada, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu yang siap bekerja dan mengamankan proses pelaksanaannya. Termasuk, dibantu dari jajaran TNI/Polri.

"Kalau ada satu atau dua masalah tidak apa. Apalagi, tahun pilkadanya akan beraroma pileg dan pilpres," ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu berharap, masyarakat yang memiliki hak suara di pilkada bisa menggunakannya dengan baik. Sehingga, antusias pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS) mampu mendongkrak angka partisipasi pemilih di pilkada. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar