Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Psikolog: Kekerasan Guru ke Siswa Bisa Jadi Ada Komunikasi Yang Tersumbat

Semarang-Kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah atau di luar sekolah dan melibatkan guru serta murid, kerap terjadi di beberapa daerah.

Kasus kekerasan guru kepada siswa yang saat ini tengah diperbincangkan di Kota Semarang, adalah pemukulan guru kepada muridnya di kawasan Peterongan, jauh dari lingkungan sekolah.

Psikolog dari Unika Soegijapranata Semarang Probowatie Tjondronegoro mengaku miris dengan sejumlah kasus kekerasan, yang keras terjadi di dunia pendidikan. Baik guru menganiaya siswa atau sebaliknya.

Menurutnya, fenomena itu bisa dipahami karena adanya saluran komunikasi yang tersumbat. Sehingga, di dalam mengekspresikan komunikasi itu justru kekerasan yang ditonjolkan.

"Ada komunikasi yang tersumbat, pesan tidak tersalurkan sehingga tangan yang bicara. Saya menilai ada missperseption antara keduanya, baik guru ke murid atau sebaliknya. Dan sekarang kalau saya melihat, orang gampang tersulut gampang tersinggung," kata Probowatie ketika dihubungi Kilas9.com, Senin (5/2).

Lebih lanjut Probowatie menjelaskan, untuk menjembatani komunikasi yang tersumbat antara guru mata pelajaran dengan siswa, maka peran dari guru bimbingan konseling (BK) sangat dibutuhkan. Sebab, guru BK merupakan pihak netral yang bisa mengkomunikasikan dan menyelesaikan persoalan.

"Guru BK bukan polisi tapi mediator antara siswa dengan guru mata pelajaran. Jadi, kalau ada anak yang dipanggil guru BK bukan berarti ada masalah," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar