Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Sekda: Cegah Politik SARA, Media Bisa Mainkan Peran Edukasi Masyarakat

Para pasangan calon berfoto bersama dengan komisioner KPU dan
Bawaslu Jateng usai pengambilan nomor urut di Hotel Patra, Selasa
(13/2).
Semarang-Sekda Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan meskipun di provinsi ini belum ditemukan indikasi adanya politik yang mengarah kepada SARA atau politik identitas, namun pihaknya tetap mewaspadainya. Sehingga, di Jateng pesta demokrasi rakyat lima tahunan bisa berjalan aman dan tertib.

Guna mencegah munculnya politik SARA dan politik identitas tersebut, sekda sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng. Termasuk, juga telah meminta para pasangan calon (paslon) untuk menjaga iklim kondusif dengan tidak memainkan isu SARA sebagai materi kampanyenya.

Namun demikian, jelas Sri Puryono, yang memiliki peran cukup besar untuk mencegah terjadinya politik SARA adalah media massa. Baik media cetak maupun elektronik. Sebab, dari kalangan media massa itu masyarakat diedukasi untuk tidak mudah percaya dengan isu yang dihembuskan.

"Media cetak, elektronik dan termasuk juga medsos saya berharap bisa mengedukasi kepada masyarakat. Masyarakat itu perlu tahu sebenarnya, pilkada ini bukan sekadar pesta demokrasi tapi memilih pemimpin," kata Sri Puryono, Kamis (15/2).

Lebih lanjut Sri Puryono menjelaskan, apabila semua pihak bisa menciptakan dan menjaga iklim aman dan tertib di Pilkada Jateng, maka tidak akan terjadi persoalan politik yang meluas.

"Kalau sudah menjadi kesepakatan bersama siapa pemimpinnya, ya harus didukung. Proses pilkada usai, maka lupakan semuanya," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar