Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BNPB Imbau Pemda Sosialisasi Simulasi Hadapi Gempa Bumi

Semarang-Kepala Pusat Data Informas dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan setiap 26 April diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, sehingga harus dimanfaatkan para pemerintah daerah untuk mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang kebencanaan.

Menurutnya, pemerintah daerah maupun pengelola dan pemilik bangunan bertingkat harus bisa mengedukasi dan meningkatkan kesadaran akan potensi bencana di setiap daerah. Misalnya mitigasi bencana gempa bumi.

Sutopo menjelaskan, khusus untuk bencana gempa bumi memang tidak bisa diprediksikan kapan terjadi. Namun, jika masyarakat sudah dikelola manajemen bencananya melalui latihan simulasi, diharapkan tidak akan terjadi kepanikan saat bencana.

Dengan terbangunnya kesadaran melalui kesiapsiagaan itu, lanjut Sutopo, maka akan lebih banyak orang yang terselamatkan. Beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan adalah uji sirine atau tanda peringatan dini lain, uji tempat evakuasi dan uji lapang evakuasi mandiri.

"Yang tak kalah penting itu masyarakat harus ditingkatkan pengetahuanya, disosialisasi dan dilatih simulasi penanganan bencana gempa. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan gempa, minimal satu kali dalam setahun. Jadi, masyarakat dilatih bagaimana evakuasinya dan mengungsinya ke mana," kata Sutopo, kemarin.

Lebih lanjut Sutopo menjelaskan, hampir seluruh wilayah di Indonesia rawan gempa, hanya Kalimantan relatif aman. Namun, meski wilayah Indonesia rawan terjadi bencana gempa bumi, namun mitigasi gempa masih minim. 

"Jadi, mitigasi dan kesadaran akan evakuasi bencana gempa bumi harus terus disosialisasikan kepada masyarakat," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar