Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BPJS Kesehatan Sebut 3 Provinsi Tahun Ini Terapkan Universal Health Coverage

Seorang warga sedang mendaftar JKN-KIS dan dilayani petugas BPJS
Kesehatan. Foto: dok. 
Semarang-Sebelum 2019, Provinsi Jawa Tengah menyatakan kesanggupan untuk memenuhi program universal health coverage (UHC) atau cakupan semesta. Sebab, hingga tahun ini sudah tercakup 95 persen penduduknya yang tercover kepesertaan BPJS Kesehatan atau menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Handayani Budi Lestari mengatakan selain Provinsi Jateng, masih ada dua provinsi lain di Indonesia yang menyatakan siap melaksanakan program UHC.

Seluruh provinsi di Indonesia, baru ada tiga provinsi yang sudah menerapkan program UHC. Selain Jateng, dua provinsi lainnya adalah Jambi dan Jawa Barat.

Menurutnya, target dari UHC 2019 paling sedikit 95 persen dari seluruh penduduk Indonesia yang sudah tercakupi program JKN-KIS.

"Bahwa seluruh Indonesia ada tiga provinsi yang sudah menyatakan diri siap melaksanakan universal health coverage. Di Jawa Tengah merupakan satu di antaranya yang menyatakan akan taat untuk program itu sebelum 2019," kata Andayani, kemarin.

Lebih lanjut Andayani menjelaskan, pada tahun ini di Jateng akan ada tujuh daerah yang siap melaksanakan UHC sebelum 2019.

Sebelumnya, Kota Semarang menjadi daerah yang pertama menerapkan program UHC. Sedangkan daerah lainnya yang akan menyusul adalah Kabupaten Cilacap, Banjarnegara, Sukoharjo, Klaten dan Demak. Kemudian, Kota Pekalongan, Kota Magelang dan Surakarta. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar