Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinas Pendidikan Jateng Minta Sekolah Bikin Satgas Untuk Bantu pelaksanaan UNBK

Semarang-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang rencananya akan digelar pada 2 April 2018 nanti, dimulai dari tingkatan sekolah menengah atas atau lanjutan (SMA/SMK) kemudian sekolah menengah pertama (SMP).

Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Tengah Mulyono mengatakan pihaknya sudah melakukan simulasi untuk pelaksanaan UNBK, yang digelar pada 19-22 Februari 2018 kemarin.

Menurutnya, persiapan-persiapan untuk menggelar UNBK sudah dilakukan jajarannya. Mulai dari rapat koordinasi dengan kepala Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota di Jateng, musyawarah kerja kepala sekolah dan pengawas sekolah seluruh Jateng.

Intinya, jelas Mulyono, semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan UNBK di provinsi ini sudah diajak berkoordinasi dan komunikasi, baik sebelum maupun ketika pelaksanaan dimulai.

Namun demikian, agar pelaksanaan UNBK bisa berjalan dengan baik, setiap sekolah diminta membentuk satuan tugas (satgas) pemantau dan pengawas pelaksanaan UNBK. Tugasnya, untuk mengawal pelaksanaan UNBK agar lancar dan sukses. 

"Satu lagi yang kami pesankan semua sekolah ditambahkan satgas, sehingga nanti kalau ada permasalahan orang-orang yang masuk dalam satgas itu harus gerak cepat. Misal terjadi listrik mati, maka satgas harus mencari jalan keluar bagaimananya. Di samping itu, tentunya ada tindakan-tindakan preventif," kata Mulyono di Semarang.

Lebih lanjut Mulyono menjelaskan, satgas yang dibentuk di masing-masing sekolah itu bisa bekerjasama dan berkoordinasi dengan PLN setempat untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik. Sebab, pelaksanaan UNBK tersebut para siswa mengerjakan soal-soal ujian lewat komputer.

"Biar PLN memberi bantuan dan mengantisipasi aliran listrik ke sekolah bisa diamankan," ujarnya.

Sementara itu, lanjut Mulyono, pelaksanaan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) juga sedang dipersiapkan. Saat ini, soal UNKP sedang dalam proses penggandaan di percetakan di Jawa Timur.

"Nanti, soal-soal UNKP akan kita simpan di gudang Krapyak. Kami sudah siapkan semua," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar