Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinkop Sebut Digitalisasi Koperasi di Jateng Akan Dimulai Tahun Ini

Semarang-Jumlah koperasi di Jawa Tengah yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM sebanyak 640 unit. Namun, dari jumlah itu belum ada satupun yang sudah menerapkan digitalisasi koperasi.

Kepala Dinkop dan UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan saat ini koperasi di Jateng yang sudah merambah teknologi digital, masih dikuasai koperasi-koperasi besar saja. Sedangkan untuk unit-unit koperasi dengan jumlah anggota tidak sampai seribu nasabah belum menerapkan digitalisasi koperasi.

Menurutnya, kendala paling besar yang membuat koperasi di Jateng belum bisa merambah ke teknologi digital adalah soal sumber daya manusianya. Sebab, kebanyakan belum paham dengan cara-cara pembukuan digital.

Oleh karena itu, ia akan meminta kepada koperasi-koperasi besar di Jateng yang sudah menerapkan teknologi digital untuk memaparkan usahanya. Karena, tahun ini setidaknya upaya digitalisasi koperasi sudah bisa dimulai.

"Kalau zaman PKK menulis buku enam saja sudah mumet, apalagi 18 buku. Saya pikir kalau ada proses digitalisasi pembukuan, tentu lebih mudah. Selama ini temuan kita di lapangan, pegawai koperasi itu sering salah nulis data pembukuannya. Kalau sudah digital, tentu tidak akan ada kesalahan penulisan pembukuan," kata Ema, kemarin.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, sudah saatnya koperasi di Jateng masuk era ekonomi digital. Sehingga, pemerintah akan terus mendorong penerapan sistem digital di kelembagaan koperasi agar tetap mampu menjadi penggerak ekonomi rakyat. Terutama utama untuk ekonomi kerakyatan di sektor usaha mikro dan kecil.

"Koperasi harus mulai sadar bahwa digitalisasi itu menjadi keharusan," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar