Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ketersediaan Komputer Sekolah Cukup Untuk Gelar UNBK Tahun Ini

Sejumlah peserta UNBK serius mengerjakan soal ujian. Foto: Antara
Semarang-Sekolah di Jawa Tengah sudah 100 persen siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun ini. Untuk jenjang SMK sudah 100 persen melaksanaan mandiri, dan 98 persen SMA belum siap karena beberapa kendala.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Mulyono mengatakan untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat, persiapan UNBK di provinsi ini sudah final semua. Termasuk data pokok pendidikan (dapodik) dan dafta nominasi tetap (DNT) peserta UN.

Bahkan, simulasi untuk pelaksanaan UNBK sudah beberapa kali dilakukan pihak sekolah. Sehingga, sudah bisa diukur kesiapan siswa dalam mengerjakan UNBK pada tahun ini.

Mulyono menjelaskan, untuk mengantisipasi kendala kekurangan infrastruktur akan dibagi dalam tiga shif. Bahkan, jika masih kurang bisa meminjam dari sekolah SMP terdekat. Sehingga, pihak sekolah tidak harus menyediakan perangkat komputer sesuai jumlah peserta UNBK.

"Prinsip komputer itu relatif cukup. Jadi nanti, kalau misalkan terjadi kekurangan komputer silakan pinjam ke SMP. Begitu juga sebaliknya, pinjam di sekolah terdekat di situ. Kalau masih kurang, laptop juga bisa dipakai. Sekarang kan siswa SMA/SMK sudah punya laptop," kata Mulyono di Semarang.

Pesoalan yang sekarang perlu diantisipasi, lanjut Mulyono adalah jaringan wifi di sekolah. Pihak sekolah harus mengecek kesiapan jaringan wifi, agar saat pelaksanaan UNBK bisa digunakan maksimal.

"Biar peserta lancar mengerjakan ujiannya," ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMK dilaksanakan pada 2-5 April dan dilanjut pada 9-12 April untuk tingkatan SMA dan madrasah aliyah (MA). Sedangkan ujian susulan dilakukan pada 17-18 April 2018. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar