Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ngasbun: Banyak Guru Lupakan Fungsi Utamanya Sebagai Pendidik Karena Faktor Ini

Semarang-Kasus-kasus kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan, khususnya di lingkungan sekolah karena pihak sekolah atau guru hanya mengejar faktor kognitif atau ilmu pengetahuan saja.

Anggota Dewan Pendidikan Jawa Tengah Ngasbun Edgar mengatakan di dalam dunia pendidikan, bukan hanya faktor kognitif saja yang dikejar, tapi juga faktor sikap dan keterampilan.

Menurutnya, kecenderungan sekarang memang sekola lebih banyak menekankan pada aspek kognitif. Yakni, membuat anak mencerna semua mata pelajaran dan meraih nilai yang tinggi. Sehingga, nama baik sekolah menjadi meningkat karena menghasilkan lulusan dengan nilai bagus.

Padahal, peran sekolah atau guru tidak hanya mengajar saja, tetapi juga mendidik. Yaitu melalui pendidikan karakter, sehingga anak bisa lebih sopan dan santun kepada guru maupun dengan siswa yang lain.

Fungsi mendidik ini di kalangan guru memudar, jelas Ngasbun, karena guru terlalu banyak dibebani dengan tugas administratif. Yakni merencanakan pembelajaran, menyiapkan materi pelajaran dan media pembelajaran serta evaluasinya.

"Saya memang melihat ada kecenderungan guru sekarang agak kerepotan ketika menjalankan tugas itu (mendidik). Kecenderungannya mereka terlalu banyak dibebani dengan tugas administratif, sehingga para guru sulit mengatur waktu untuk konsentrasi di bidang pendidikannya. Mestinya memang guru tidak dibebani tugas-tugas administratif yang terlalu berat, sehingga bisa fokus untuk mendidik para siswanya," kata Ngasbun di Semarang.

Lebih lanjut Ngasbun menjelaskan, pendidikan karakter yang dibangun sekolah atau guru seharusnya lebih diutamakan. Sehingga, siswa tidak hanya pintar dalam mata pelajaran tetapi juga memiliki budi pekerti.

Oleh karena itu, ia mengusulkan agar tugas-tugas administratif guru bisa dikurangi dan lebih fokus pada peran utamanya mendidik siswa tidak hanya sekadar memberikan pelajaran. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar