Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Sudah Dibuka, Pengguna Ruas Tol Ngawi-Wilangan Digratiskan Sampai 9 April Besok

Presiden Jokowi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Menteri Keuangan Sri
Mulyani serta Gubernur Jatim Soekarwo meresmikan penggunaan jalan tol ruas Ngawi-Wilangan. Foto: ISTIMEWA 
Madiun-Penggunaan jalan tol Ngawi-Kertosono ruas Ngawi-Wilangan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (29/3) kemarin.

Dikutip dari rilis yang diterima kilas9.com menyebutkan, ruas tol Ngawi-Wilangan dibangun PT Ngawi Kertosono Jaya meliputi seksi seksi Klitik-Simpang Susun Madiun sepanjang 20 kilometer, seksi dua Simpang Susun Madiun-Simpang Susun Caruban (8,45 km) dan Simpang Susun Caruban-Nganjuk (Wilangan) sepanjang 21,06 kilometer. 

Sedangkan sisanya sepanjang 37,5 kilometer, dibangun pemerintah pusat sebagai bagian dari viability gap funding terhadap jalan tol Ngawi-Kertosono. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan jika negara yang lamban pembangunannya akan tertinggal.

Pada 1977 silam, Indonesia membangun jalan tol Jagorawi dan saat itu banyak negara yang melihat.

"Malaysia nengok Jagorawi seperti apa, proses konstruksi seperti apa, manajemen seperti apa. Vietnam juga melihat (kita). Filipina melihat kita. Tiongkok melihat kita. Setelah itu, total 40 tahun sampai 2014, kita hanya membangun 780 kilometer jalan tol. Bandingkan dengan Tiongkok yang dulunya belajar ke kita sekarang sudah memiliki 280 ribu kilometer jalan tol. Betapa kita sangat tertinggal jauh," katanya. 

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, kondisi tersebut ingin diperbaiki Indonesia. Tidak hanya jalan tol, tetapi juga jalan nasional, bandara atau pelabuhan dan juga berbagai proyek infrastruktur lainnya.

Apabilan Indonesia tidak segera bangkit, lanjutnya, maka akan semakin tertinggal dengan negara-negara tetangga lainnya.

"Tahapan besarnya adalah investasi di bidang infrastruktur. Dan, tahapan besar berikutnya adalah investasi di bidang SDM," tegas Presiden.

Dengan dioperasikannya jalan tol ruas Ngawi-Wilangan, maka semakin menambah panjang daftar pembangunan jalan tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Banyuwangi. Sehingga, konektivitas wilayah melalui pembangunan jalan tol bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah sekitar jalan tol.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pengguna jalan tol bisa menikmati jalan tol ruas Ngawi-Wilangan secara gratis mulai 31 Maret sampai 9 April 2018. Setelah itu, pengenaan tarif tol akan diatur kemudian. 

Dengan sudah dioperasikannya jalan tol ruas Ngawi-Wilangan bisa memangkas biaya logistik. Bahkan, ruas tol Ngawi-Kertosono juga bisa memangkas waktu tempuh. Bila menggunakan jalan arteri Ngawi-Wilangan, maka waktu yang diperlukan 1,5 jam. Namun, bila lewat jalan tol hanya butuh waktu sekira 35-40 menit. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar