Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tumbuhkan Ekonomi Syariah, BI Jateng Buka PIKES

Kepala KPw BI Jateng Hamid Ponco Wibowo menyebutkan, perlu ada
peningkatan ekonomi syariah di Jawa Tengah. Salah satunya diinisiasi
lewat pembentukan PIKES. 
Semarang-Perekonomian syariah yang ditopang dari lembaga keuangan syariah di Jawa Tengah, masih belum bisa sejajar atau lebih tinggi bila dibanding perbankan konvensional. Sehingga, untuk meningkatkan kinerja dari lembaga keuangan syariah diperlukan sejumlah upaya perbaikan. Yaitu pembenahan lembaganya dan edukasi kepada masyarakat tentang lembaga keuangan syariah.

Guna meningkatkan perekonomian syariah, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia menginisiasi terbentuknya Pusat Informasi Kajian dan Pengembangan Ekonomi Syariah (PIKES) di KPw Bank Indonesia, Kamis (22/3) siang.

Kepala KPw Bank Indonesia Jateng Hamid Ponco Wibowo mengatakan PIKES yang baru saja diluncurkan, akan menjadi forum koordinasi dan komunikasi, agar bisa memberikan data dan informasi tentan pengembangan ekonomi syariah di Jateng.

Menurutnya, salah satu sasaran dari PIKES tersebut adalah pondok pesantren dan yayasan panti asuhan berbasis keagamaan. Bahkan, untuk pondok pesantren di Jateng saat ini sudah lebih 4.400 pondok pesantren dan nomor tiga di seluruh Indonesia.

Ponco menjelaskan, di pondok pesantren juga berkembang ekonomi syariahnya. Nantinya, PIKES akan beranggotakan pegiat ekonomi syariah dari berbagai instansi. Di antaranya dari akademisi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

"Jadi ini salah satu wadah komunikasi dan koordinasi antara pegiat ekonom syariah, itu intinya. Sehingga, kita coba menggali lebih dalam lagi seperti apa ekonomi syariah itu. Dengan Pikes ini, diharapkan pihak-pihak seperti ini akan disinergikan dengan klaster milik Bank Indonesia. Tujuannya, ekonomi syariah di Jateng bisa tumbuh lebih cepat," kata Ponco.

Salah satu produk unggulan dari PIKES, jelas Ponco, adalah linkage program. Yakni pemberdayan UMKM, pondok pesantren, Baznas dan lembaga keuangan syariah lainnya. 

"Dengan peluncuran PIKES ini, menandai awal dimulainya kegiatan festival ekonomi syariah pada awal Mei 2018 nanti di Jateng," ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, perekonomian Jateng tumbuh makin membaik dalam beberapa tahun terakhir ini. Yakni, ekonomi Jateng naik lebih dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan kinerja ekonomi syariah di Jawa Tengah tumbuh lebih tinggi, bila dibandingkan dengan lembaga keuangan.(K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar