Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Asita Jateng Akan Kembali Promosikan Dieng ke Wisman

Sebuah mobil milik wisatawan melintas di gerbang pintu masuk desa
tertinggi di Pulau Jawa di kawasan Dataran Tinggi Dieng. 
Semarang-Warga di kawasan Dataran Tinggi Dieng bersama Pemkab Wonosobo mulai berbenah bersolek, untuk mempromosikan obyek wisata tersebut kepada masyarakat luas. Baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Upaya dari warga dan pemerintah menata kembali kawasan Dieng, ditangkap asosiasi pariwisata yang tergabung dalam Asita Jawa Tengah untuk ikut menjual paket wisata Dieng kepada wisatawan. Terutama wisatawan mancanegara.

Ketua Asita Jateng Joko Suratno mengatakan sebelumnya wisatawan mancanegara mulai berpaling dari Dieng, karena penataan kawasan wisata itu terkesan asal-asalan. Bahkan, tumpukan sampah yang bersebaran di sejumlah tempat menjadikan obyek wisata itu menimbulkan kesan kumuh.

Oleh karena sudah ada upaya perbaikan dan penataan dari warga dan pemerintah, jelas Joko, pihaknya juga akan kembali mengemas paket wisata ke Dieng. Sehingga, wisatawan mancanegara akan kembali datang ke Dieng.

Menurutnya, paket wisata yang akan dikemas nantinya tidak hanya mengandalkan pemandangan alam saja berupa candi atau telaga dan eksotika alam Dieng tetapi juga budayanya.  

Joko menyebutkan, unsur budaya yang ada di Dieng juga bisa dijual ke mancanegara. 

"Sehingga nanti kita coba mempromosikan kembali dan membranding kembali Dieng. Paling tidak ke depan, kita upayakan nanti bagaimana penjualannya, sellingnya kepada wisatawan. Jadi lebih meng-create lagi produk dan promosi Dieng. Itu yang penting. Jadi, dalam promosi ini adalah betul-betul sudah tersegmentasi," kata Joko di Semarang.

Lebih lanjut Joko menjelaskan, jika upaya mempromosikan kembali Dieng kepada wisatawan mancanegara berhasil, maka akan semakin menjadi daya tarik bagi Jateng. Meskipun Dieng merupakan satu dari empat destinasi unggulan di Jateng, namun pamornya masih kalah bila dibanding Candi Borobudur dan Karimunjawa.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Hamid Ponco Wibowo juga akan ambil bagian dalam menata kawasan Dieng. Salah satunya dengan membangun sejumlah rumah lawas Dieng, dan nanti akan didirikan di sekitar danau di bawah Bukit Sikunir.

"Rumah lawas Dieng ini akan kami bangun, agar wisatawan lebih lama tinggal di sana. Saat ini, bentuk rumahnya sedang kami diskusikan bersama tim ahli dari perguruan tinggi," ujarnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar