Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BI Jateng Akan Hidupkan Wisata Religi Wali Songo Selain Ziarah

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco
Wibowo (kiri) menyerahkan buku berisi uang Negara Kesatuan Republik
Indonesia kepada Sekda Kudus Sudjatmiko di pendapa kabupaten,
Senin (23/4). 
Kudus-Sejarah Islam di tanah Jawa, khususnya Jawa Tengah cukup panjang. Nilai-nilai sejarah keislaman yang panjang dan mendalam tersebut, perlu dikemas menjadi paket perjalanan wisata menarik bagi wisatawan. Pernyataan itu dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Hamid Ponco Wibowo, di sela membuka sarasehan "Wisata Religi di Kawasan Kudus-Demak" di pendapa Kabupaten Kudus, Senin (23/4).

Menurutnya, dari potensi wisata religi yang dimiliki kedua daerah itu bisa dikembangkan menjadi paket perjalanan wisata syariah dan menarik wisatawan datang berkunjung.

Ponco menjelaskan, meski paket wisata religi ke Demak dan Kudus sudah ada, namun orientasinya masih berkisar pada ziarah saja belum aspek religi lainnya. Misalnya kuliner halal di kedua kabupaten tersebut.

Selain itu, lanjut Ponco, minimnya aktraksi wisata religi lain juga menyebabkan warga Demak dan Kudus kurang antusias di dalam menikmati manfaat ekonomi dari kegiatan wisata ziarah tersebut. Akibatnya, wisatawan yang datang ke Demak dan Kudus tidak pernah lama menginap meskipun dalam kurun waktu lima tahun terakhir ada peningkatan jumlah kunjungan.

"Kita ingin coba mengaktifkan kembali wisata religi yang ada di Jawa Tengah. Kita lihat bahwa selama ini memang sudah jalan wisata religinya, tapi lebih banyak ke ziarah belum memanfaatkan wisata lain yang ada di Kudus dan Demak. Sehingga, lama wisatawan tinggal di Kudus dan Demak rata-rata kurang dari dua hari. Padahal, masih banyak manfaat yang kita peroleh," kata Ponco di Kudus.

Oleh karena itu, lanjut Ponco, diperlukan adanya pemikiran dari pemangku kepentingan di kedua daerah tersebut untuk mengoptimalkan pengembangan wisata religi di Kudus dan Demak.

"Mungkin kalangan pesantren juga perlu diberdayakan untuk pengembangan kawasan wisata religi di Kudus dan Demak," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar