Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemerintah Belum Intervensi Soal Harga Pangan

Staf Khusus Menteri Perdagangan Eva Yuliana meninjau ketersediaan
stok bahan pangan di Relokasi Pasar Johar, kemarin. 
Semarang-Harga kebutuhan pokok masyarakat sekarang ini, masih dipandang stabil dan dalam batas kewajaran. Namun demikian, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan terus berupaya menjaga kestabilan harga dan stok komoditas kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan.

Staf Khusus Menteri Perdagangan Eva Yuliana mengatakan di dalam menjaga haga kebutuhan pokok masyarakat menjelang bulan puasa, diperlukan adanya sinergi bersama pemerintah daerah setempat dan instansi terkait lainnya.

Menurutnya, Kementerian Perdagangan sudah meminta kepada pemerintah daerah untuk terus melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok dan ketersediaannya. Bahkan, pejabat setingkat eselon satu akan menjadi koordinator wilayahnya dan bertanggungjawab di tingkat provinsi.

Sedangkan untuk pejabat eselon dua, jelas Eva, bertanggungjawab pada beberapa kabupaten/kota.

Namun demikian, untuk saat ini pemerintah pusat belum melakukan intervensi pasar terkait dengan harga komoditas. Sebab, harganya masih terbilang stabil.

"Ketika harga itu naik di atas 10 persen dari harga normalnya atau rerata, maka pemda harus segera melakukan operasi pasar. Artinya ada intervensi dari pemda setempat. Kemudian, nanti ketika ada yang naiknya tajam maka kita lakukan intervensi melalui operasi pasar," kata Eva di Semarang.

Lebih lanjut Eva menjelaskan, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo, maka ketersediaan pasokan dan stabilitas harga untuk bahan kebutuhan pokok dipersiapkan sejak awal.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng Arif Sambodo menambahkan, sampai saat ini belum ada intervensi khusus yang dilakukan pihaknya menjelang bulan puasa.

Yang saat ini dilakukan, adalah fokus menjaga suplai komoditas di pasaran agar permintaan masyarakat terpenuhi.
  
"Khusus kaitannya HET ini, tidak hanya bicara tentang ketersediaan tetapi kita juga menyangkut masalah distribusi. Kalau menyangkut masalah distribusi bukan karena infrastrukturnya, tapi mungkin yang lain. Kita akan bicarakan dengan instansi hilirnya," ujarnya.

Namun demikian, lanjut Arif, apabila dibutuhkan intervensi dari pemerintah, maka program pasar murah akan dilakukan di sejumlah titik di Jateng. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar