Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ponco: Sudah Saatnya Perbankan Berbenah Sambut Digital Ekonomi

Bank Indonesia menggelar diskusi tentang digital ekonomi dengan
peserta sejumlah dosen dan dekan fakultas ekonomi di seluruh Indonesia. 
Semarang-Era moderen sekarang ini membuat sejumlah sektor usaha berbenah, untuk menghadapi tantangan digitalisasi ekonomi. Tidak terkecuali adalah kalangan perbankan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo mengatakan pihak perbankan sekarang ini, dituntut untuk bisa mengadopsi teknologi yang sedang berkembang. Yakni teknologi di bidang perbankan. Salah satunya adalah digitalisasi ekonomi.

Menurutnya, beberapa bank besar di Tanah Air sudah banyak yang menerapkan digitalisasi ekonomi. Misalnya dengan menyiapkan perangkat atau infrastruktur di kantor, yang tujuannya untuk mengurangi tenaga manusia dalam melayani nasabah.

Kondisi tersebut, diakui Ponco, merupakan salah satu bentuk dari transformasi digital ekonomi yang ada di Indonesia.

"Bicara tentang pengembangan digital ekonomi, kalau kita lihat sekarang ini sebenarnya sangat demikian pesatnya. Kami merasa bahwa sekarang saatnya mulai berbenah. Bahkan, beberapa bank besar di Pulau Jawa atau Indonesia sudah mulai mengurangi jumlah personel yang ada di depan dan diganti dengan mesin," kata Ponco.

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, BI sebagai regulator berupa mengatur kelancaran sistem pembayaran yang ada di Indonesia.

"Digitalisasi ekonomi ini sesuatu yang tidak bisa kita hindari," ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut Ponco, di dalam menghadapi tantangan di era digital dibutuhkan persiapan dan respon untuk menjawabnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar