Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tak Sampai 10 Persen Pelaku UKM Manfaatkan Jualan Online

Dody Budi Waluyo
Asisten Gubernur BI
Semarang-Asisten Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan pemanfaatan ekonomi digital pada masa sekarang ini akan terus dioptimalkan, sehingga menjadi sumber dari pertumbuhan ekonomi baru. Hal itu dikatakannya, ketika membuka diskusi "Ekonomi Digital, Tantangan dan Peluang Dari Sisi Regulasi, Ekonomi, Sosial dan Budaya" di Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah, belum lama ini.

Menurutnya, sampai dengan saat ini belum ada 10 persen pelaku usaha mikro kecil (UKM) di Indonesia yang sudah memanfaatkan jaringan online untuk berjualan. Padahal, pada saat sekarang ini ekonomi sudah berkembang pesat.

Dody menjelaskan, seharusnya para pelaku UKM sudah sejak jauh hari telah memanfaatkan digital ekonomi untuk mengembangkan usahanya. Sebab, masyarakat moderen lebih mengutamakan hal praktis di dalam memenuhi kebutuhannya.

Oleh karena itu, jelas Dody, digitalisasi ekonomi adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa dihindari.

Bahkan, bank sentral juga terus mengembangkan diri untuk menjawab tantangan dari teknologi yang ada sekarang tentang digitalisasi ekonomi.

"Produk UKM yang dijual lewat online tidak sampai 10 persen dari total transaksi perdagangan yang terjadi. Kalau melihat pear to pear landingnya, baru sekitar 15-20 persen. Ini adalah satu konsekuensi dari ekonomi digital," kata Dody.

Lebih lanjut Dody menjelaskan, para pelaku UKM diminta bisa segera beralih ke pemasaran online. Karena, perkembangan digitalisasi ekonomi tidak bisa dilawan.

"Sudah saatnya memang para pelaku UKM merambah dunia digitalisasi ekonomi," ujarnya.

Namun demikian, lanjut Dody, pihaknya juga tetap mewaspadai dampak dari digitalisasi ekonomi. Salah satunya adalah penggunaan Bitcoin.

Meskipun BI sudah menegaskan penggunaan Bitcoin dilarang dalam setiap transaksi di dalam negeri, namun masyarakat tetap perlu diedukasi dampak negatif dari digitalisasi ekonomi. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar