Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

23,4 Triliun Disiapkan BI Jateng Untuk Penuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Saat Ramadan dan Lebaran

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco
Wibowo menyebutkan, pihaknya menyediakan Rp23,4 triliun pada saat
Lebaran nanti. 
Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo memerkirakan, kebutuhan uang selama Ramadan dan menyambut Lebaran tahun ini akan ada peningkatan. 

Menurutnya, peningkatan tersebut terjadi sebesar 14 persen dari tahun sebelumnya. Terutama untuk penukaran uang baru.

Ponco menjelaskan, peningkatan kebutuhan penukaran uang baru pada periode Lebaran tahun ini juga berkaitan dengan adanya penambahan hari libur Lebaran dari pemerintah. Yakni, total libur Lebaran sebanyak 12 hari.

Biasanya, lanjut Ponco, tradisi masyarakat memberikan salam tempel di hari raya menjadi alasan naiknya permintaan penukaran uang baru.

"Jadi, kebutuhan uang selama Ramadan dan Lebaran kita sudah siapkan untuk Semarang saja sekitar Rp9,7 triliun. Kalau untuk Jawa Tengah ada sekitar Rp23,4 triliun. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu ada peningkatan sebenarnya. Jadi, kalau normalnya itu per bulan sekitar Rp5 triliun sampai Rp6 triliun. Tapi, sebenarnya karakteristik Jawa Tengah itu kan inflow ya," kata Ponco.

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, pecahan uang baru yang paling dibutuhkan masyarakat adalah pecahan Rp100 ribuan, diikuti Rp50 ribuan dan paling banyak adalah pecahan Rp20 ribuan.

"Di Jateng ini tradisi memberi salam tempel kepada anggota keluarga paling muda masih dipegang sampai sekarang. Jadi, saya sudah minta perbankan untuk ikut menyiapkan uang tunai dalam jumlah cukup di mesia ATM," ujarnya.

Biasanya, lanjut Ponco, BI akan membuka pelayanan penukaran uang baru pada 14 Mei sampai 16 Juni 2018. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar