Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinperindag Jateng Akan Minta 2 Distributor Utama Pasok Telur dan Daging Ayam di Pasaran

Seorang peternak mengumpulkan telur ayam sebelum dijual ke pasar.
Foto: ANTARA
Semarang-Dalam beberapa pekan ini, harga telur ayam dan daging ayam ras mengalami kenaikan harga. Bahkan, pergerakan harganya terus fluktuatif memasuki bulan puasa ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah Arief Sambodo mengatakan kedua komoditas tersebut dalam dua tahun terakhir, memang diakui ada kecenderungan mengalami fluktuasi. Sebab, dalam dua tahun terakhir harganya dilepas dan tidak dikontrol.

Menurutnya, hal itu karena telur ayam dan daging ayam ras bukan masuk kategori barang bersubsidi. Sehingga, baik pemerintah pusat maupun daerah tidak mempunyai kontrol terhadap harga telur ayam dan daging ayam ras.

Arief menjelaskan, berdasarkan kondisi tersebut Kementerian Perdagangan sudah mengeluarkan Permendag Nomor 58 Tahun 2018 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen. Tujuannya, ada batas atas dan bawah untuk komoditas telur ayam dan daging ayam ras.

Nantinya, untuk menstabilkan harga telur ayam dan daging ayam ras yang sudah naik di pasaran, pihaknya akan memanggil dua distributor utama untuk membanjiri pasaran. Satu di antaranya adalah PT Japfa. 

"Kita akan undang para integrator seizin kementerian untuk membanjiri produk telur dan daging ayam. Dua integrator utama itu adalah Cheron dan Japfa diundang untuk membanjiri pasar. Karena, telur dan daging ayam ini kan tidak subsidi berbeda dengan beras, minyak goreng maupun gula pasir. Sehingga, yang diundang adalah para distributor," kata Arief.

Arief berharap, dengan kebijakan tersebut maka harga telur ayam dan daging ayam ras stabil dan terjangkau masyarakat hingga menjelang Lebaran.

"Saat ini harga telur ayam Rp22.500 per kilogram dan daging ayam Rp35 ribu per kilogram dan masih kita anggap wajar ya," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar