Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ida: Budaya Ketoprak Kita Luar Biasa dan Jadi Pelajaran Bagi Generasi Muda

Cawagub Ida Fauziyah menyapa nelayan di Kabupaten Pati
belum lama ini. Foto: ISTIMEWA 
Pati-Budaya ketoprak sampai dengan saat ini, masih diminati dan mendapat tempat di hati masyarakat. Sehingga, budaya ketoprak sangat cocok sebagai wahana di dalam pembelajaran bagi generasi muda sekarang.

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Ida Fauziyah mengatakan bahwa seni budaya leluhur yang sampai sekarang masih dipertahankan, sangat penting bagi generasi muda. Pernyataan itu dikatakannya, ketika menghadiri sedekah laut di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, belum lama ini.

Menurutnya, seni budaya ketoprak bukan kesenian sembarangan. Sebab, dari seni budaya ketoprak bisa belajar tentang nilai-nilai kearifan kepahlawanan.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu menjelaskan, pemerintah daerah juga sudah seharusnya memberikan ruang kepada grup-grup ketoprak yang masih eksis untuk terus berkarya dan menghibur masyarakat.

Oleh karena itu, jelas Ida, ia mengapresiasi Pemkab Pati yang masih memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk bisa menikmati budaya ketoprak.

"Saya turut bangga, turut bahagia karena di Pati ini termasuk kabupaten yang luar biasa memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk bisa menikmati budaya yang sangat luar biasa. Budaya kita jauh luar biasa dibanding negara lain. Kalau belajar tentang kepahlawanan bisa dari cerita-cerita ketoprak," kata Ida di Pati.

Lebih lanjut, pasangan dari Sudirman Said itu menjelaskan, keberadaan grup-grup ketoprak yang masih aktif bisa menjadi bagian untuk mengenalkan budaya kepada generasi muda. Bahkan, juga bisa mengikis budaya luar yang belum tentu baik untuk generasi muda sekarang.

"Budaya-budaya luar Indonesia sudah banyak yang masuk, tentu kita harus memertahankan budaya yang kita miliki," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar