Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

KPU Minta Partai Pengusung Ki Enthus Ajukan Calon Pengganti

Semarang-Dalang kondang Jawa Tengah yang juga Bupati Tegal nonaktif Enthus Susmono, dilaporkan meninggal dunia, Senin (14/5) malam. Enthus yang maju kembali di Pilkada Kabupaten Tegal 2018 itu, meninggal dunia diduga karena serangan jantung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo mengatakan bagi pasangan calon yang berhalangan tetap atau meninggal dunia, maka partai politik (parpol) pengusungnya harus mencarikan penggantinya. Hal itu sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2016 dan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017.

Menurutnya, jika sebelum 30 hari menjelang pemilihan ada salah satu calon berhalangan tetap, maka parpol pengusung atau gabungan parpol bisa mengajukan calon pengganti. Pengajuannya, maksimal tujuh hari sejak meninggal dunia calon tersebut.

Namun, jelas Joko, apabila parpol pengusung atau gabungan parpol tidak melakukan penggantian yang meninggal dunia itu, maka dengan sendirinya calon yang tersisa akan gugur dengan sendirinya.

Oleh karena itu, karena masih ada waktu yang cukup, ia menyarankan kepada parpol pengusung atau gabungan parpol mencarikan calon pengganti.

"Karena ini masih 46 hari, partai politik atau gabungan partai politik berkewajiban mengganti. Hal itu supaya calon yang sekarang tinggal wakilnya, bisa mengikuti tahapan pilkada ini sampai selesai," kata Joko di Semarang.

Lebih lanjut Joko menjelaskan, Komisioner KPU Jateng Divisi Pencalonan Ikhwanudin, saat ini sedang melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten Tegal. Koordinasi itu dilakukan, untuk menentukan mekanisme penggantian Calon Bupati (Cagub) Enthus Susmono yang meninggal dunia.

Diwartakan, Enthus Susmono yang berpasangan dengan Umi Azizah itu diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) maju di Pilkada 2018. Selain petahana, calon lainnya adalah Rusbandi-Fatchuddin dan Haron Bagas Prakosa-Drajat Adi Prayitno. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar