Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Lebaran, Kemenhub Fungsikan Jembatan Timbang Jadi Rest Area

Deny Kusdiana
Kasubdit Angkutan Barang
Kementerian Perhubungan
Semarang-Ada tujuh jembatan timbang di Pulau Jawa, yang akan difungsikan Kementerian Perhubungan sebagai rest area pada Lebaran tahun ini. 

Kasubdit Angkutan Barang Kemenhub Deny Kusdiana mengatakan dari 43 jembatan timbang yang ada di Pulau Jawa, hanya tujuh jembatan timbang di antaranya yang difungsikan sebagai rest area bagi pemudik sepeda motor. Ketujuh jembatan timbang yang digunakan sebagai rest area itu berada di Balonggandu Karawang, Losarang Indramayu, Wanareja Cilacap, Klepu Kabupaten Semarang, Kluwaru Kulon Progo, Widodaren Ngawi dan Widang Tuban.

Menurutnya, operasional jembatan timbang menjadi rest area akan dimulai pada H-7 sampai H+7. Bahkan, jika arus mudik dan balik Lebaran masih terjadi, tidak menutup kemungkinan dibuka sampai H+10.

Deni menjelaskan, mulai H-4 sampai H+1 Lebaran angkutan barang selain sembako dilarang beroperasi. Sehingga, jembatan timbang bisa digunakan untuk rest area.

"Jembatan timbang pada saat angkutan Lebaran, kita jadikan rest area bagi pengendara sepeda motor. Jadi, jembatan timbang yang ada kita tutup selama arus mudik," kata Deni di Semarang.

Lebih lanjut Deni menjelaskan, untuk kenyamanan para pemudik saat Lebaran nanti pihaknya juga telah memetakan rute jalan alternatif dari Jakarta sampai Surabaya. Harapannya, jalan alternatif tersebut bisa digunakan para pemudik agar tidak bertumpuk di jalan tol Trans Jawa atau jalur pantura.

"Dalam waktu dekat kami akan tinjau semua prasarananya. Yang daerah rawan kecelakaan juga sudah kami koordinasikan dengan Polri, dan nanti akan ada polisi yang berjaga di sana," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar