Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Sema'an Quran Masjid Kauman, Tradisi di Bulan Suci

Ribuan jamaah Masjid Agung Kauman Semarang sedang mengikuti
sema'an Alquran yang diasuk Kiai Haji Akhmad Naqib. 
Semarang-Setiap memasuki bulan Ramadan, Masjid Agung Kauman Semarang selalu ramai dengan kegiatan jamaah. Tidak hanya berasal dari Kota Semarang, jamaah Masjid Agung Kauman Semarang juga berasal dari sejumlah daerah. Di antaranya dari Kabupaten Demak, Kendal dan juga Grobogan.

Salah satu kegiatan selama bulan puasa adalah sema'an Alquran yang dipimpin Kiai Haji Akhmad Naqib. Sema'an Alquran merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Masjid Kauman, Alon-alon Barat Semarang.

Menurutnya, kegiatan sema'an Alquran di Masjid Agung Kauman Semarang sudah berlangsung sejak 1960. Yakni diawal pada 1 Ramadan hingga 26 Ramadan, sedangkan pada 27 Ramadan diharapkan para jamaah sudah katam 30 juz.

Kiai Naqib menjelaskan, sema'an Quran merupakan tradisi kuno masih terpelihara di Masjid Kauman Semarang setiap datang bulan puasa. 

Karena Masjid Kauman merupakan salah satu masjid tua di Semarang, lanjut Naqib, maka banyak orang banyak menimba ilmu Alquran beserta makna dan manfaatnya.

"Setiap Ramadan selalu ada kegiatan ini (sema'an). Ini sudah menjadi pengharapan para jamaah untuk bisa ngaji Alquran. Mulai dari tanggal 1 sampai 26 Ramadan. Jadi, belajar tentang tata cara baca Alquran, termasuk makna dan manfaatnya dari baca Alquran. Biasanya dilakukan pada lepas salat dzuhur sampai masuk salat ashar," kata Kiai Naqib.

Lebih lanjut Kiai Naqib menjelaskan, setiap harinya ada ratusan hingga ribuan orang yang mengikuti sema'an Quran di Masjid Kauman. Pesertanya beragam, mulai dari kalangan muda sampai orang tua. Namun, yang paling banyak adalah orang lanjut usia.

"Sema'an Quran ini memberikan keyakinan bahwa kepandaian seorang muslim tidak hanya dar rutinitas ibadah, tapi bagaimana pemahamannya dan tafsirnya tentang Alquran dalam kehidupan bermasyarakat," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar