Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Sudirman: Birokrat Itu Harus Bisa Jadi Pelayan Masyarakat

Cagub Sudirman Said meminta, birokrat harus bisa menjadi pelayan
bagi masyarakat. Foto:ISTIMEWA 
Semarang-Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengatakan 90 persen biaya penyelenggaraan negara berasal dari uang rakyat melalui pajak, sehingga para birokrat yang ada di lingkaran pemerintahan harus bisa menjadi pelayan bagi masyarakat.

Menurutnya, pemerintah atau birokrat harus menjadi pelayan bagi rakyatnya dan tidak lagi meminta dilayani.

Mantan menteri ESDM itu menjelaskan, sebagai pelayan yang baik harus bisa berperilaku manis dan dilarang adigang adigung dan adiguno. Hal itu akan ditekankannya saat menghadapi debat kandidat putaran kedua, Kamis (3/5) malam di Hotel Best Western Solo Baru, Sukoharjo.

Sebagai pelayan, jelas Sudirman, sudah seharusnya tugas birokrat atau pemerintah lebih banyak mendengarkan majikannya, yaitu masyarakat. Sehingga, baik kata-kata maupun tindakan dan keputusan pemerintah tidak boleh melukai rakyat. 

"Kuncinya adalah kalau birokrat itu mengubah sikap atau menempatkan diri sebagai pelayan, kemudian kita juga sadar bahwa pemerintah itu dibiayai rakyat, mka kita harus ciptakan pemerintahan yang bersih, birokrasi yang bersih dan birokrasi yang betul-betul berorientasi pada pelayanan," kata Sudirman di Semarang.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, sejauh ini perilaku orang-orang pemerintahan atau birokrat belum sepenuhnya menjadi pelayan rakyat.

"Apabila nanti saya dipercaya menggantikan Mas Ganjar, nanti kita samakan persepsi tentang peran dari birokrat," ujarnya.

Sudirman menyatakan, dengan 22 janji kerja yang sudah disusunnya akan mampu membangun pemerintahan bersih dan membawa kepada kepastian regulasi. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar