Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Antisipasi Lonjakan Pemakaian Data Saat Lebaran, Indosat Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Head of Sales Central Java and DIY Nanang Tri Suseno menjelaskan
tentang kesiapan Indosat Ooredoo menghadapi lonjakan pemakaian
data saat Lebaran. Foto: ISTIMEWA 
Semarang-Guna mendukung kelancaran dan kenyamanan masyarakat pengguna kartu Indosat Ooredoo berkomunikasi di hari raya, Indosat sudah memersiapkan penambahan dan peningkatan kapasitas jaringan. Termasuk, melakukan pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Command Center jaringan.

Head of Sales Central Java and DIY Nanang Tri Suseno mengatakan tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama bulan puasa hingga akhir Lebaran nanti.

Menurutnya, monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Lebaran. Hal itu dilakukan, untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring.

Head of Sales Central Java and DIY Nanang Tri Suseno (kiri)
bersama Marketing Communcation Manager Central Java &
DIY dan PR & Non-Digital Media Specialist berfoto bersama
usai memaparkan kesiapan Indosat Ooredoo menghadapi
Lebaran tahun ini. Foto: ISTIMEWA 
Bahkan, jelas Nanang, pihaknya sejak dini akan melakukan deteksi terhadap gangguan yang akan merugikan kenyamanan pelanggan. Termasuk, tim Costomer Service juga dilibatkan, sehingga bila ada kendala yang dirasakan pelanggan bisa diselesaikan secepatnya.

Oleh karena itu, sejak jauh hari pihaknya mulai mengantisipasi gangguan-gangguan yang mungkin terjadi pada saat masa Lebaran. Sebab, biasanya di masa hari raya terjadi lonjakan pemakaian data pelanggan. Terutama di H-1 dan hari H-Lebaran.  

"Selama Lebaran tiga tahun terakhir ini trennya data selalu melonjak. Kalau tahun ini saya perkirakan ya 83,7 persen naik dari tahun lalu. Antisipasi lonjakan paling kita siapkan di atas 80 persen kebutuhan datanya sudah cukup," kata Nanang saat berbuka bersama dengan media di Semarang baru-baru ini.

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, untuk kapasitas layanan data akan ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte/hari. Hal itu dilakukan, untuk mengantisipasi lonjakan pemakaian data di hari raya. Sedangkan untuk kapasitas suara, akan ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari. Serta kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 miliar SMS/hari.

"Kedua kapasitas ini sudah disiapkan melampaui dari prediksi trafik tertinggi yang mungkin terjadi," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar