Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pengalihan Jalur di Jembatan Kali Kenteng Aman Dilalui Pemudik

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di bawah Jembatan Kali Kenteng
karena belum selesainya pembangunan jembatan itu. Foto: ISTIMEWA 
Solo-Memasuki H-5 Lebaran 2018, Jasa Marga memberlakukan pengoperasian jalur fungsional di beberapa jalan tol sejak dua hari kemarin. Hasilnya, beroperasi dengan baik.

Dikutip dari rilis yang diterima kilas9.comDirektur Utama Jasamarga Solo Ngawi David Wijayatno mengatakan meski terjadi kepadatan di beberapa titik dan diberlakukan pengalihan keluar dari trase jalan tol fungsional, namun berjalan lancar. Yakni di ruas fungsional Salatiga-Kartasura di sekitar Jembatan Kali Kenteng.

Menurutnya, karena masih ada pengerjaan konstruksi jembatan, maka pengguna jalan tol sementara melewati bagian bawah jembatan. Pihaknya membuat jalur yang dilapis perkerasan atau lean concrete (LC). 

David menjelaskan, pada Sabtu (8/6) kemarin, pada titik tersebut terpantau sempat terjadi antrean sepanjang satu kilometer. Panjangnya antrean itu, dikarenakan pengguna jalan harus menyesuaikan kecepatan saat menuruni dan mendaki jalur elevasi. 

Oleh karenanya, pihaknya mengimbau pengguna jalan memastikan kondisi mesin kendaraan dalam kondisi prima saat melalui ruas fungsional Salatiga Kartasura. Terutama, di sekitar Jembatan Kali Kenteng dan tetap berhati-hati dalam berkendara. 

"Kondisi jalur fungsional di Kali Kenteng aman untuk dilewati. Hari pertama pemberlakuan jalur fungsional di Jembatan Kali Kenteng tercatat 4.200 kendaraan, sedangkan di hari kedua terpantau 5.780 kendaraan. Selama dua hari beroperasi, tercatat 10 kendaraan mengalami mogok," kata David. 

Lebih lanjut David menjelaskan, untuk memberikan keamanan kepada pemudik yang melintas, jalur fungsional di Jembatan Kali Kenteng diberi pagar pembatas sepanjang 600 meter dan juga tolo-tolo serta moveable concrete barrier (MCB). Fungsinya, untuk membantu pengguna jalan dalam melewati titik dengan sudut elevasi maksimal 7,24 derajat tersebut. 

"Kami juga sudah menyiapkan derek di lokasi, untuk kondisi darurat," ujarnya. 

Sementara itu, untuk meminimalisir kecelakaan karena faktor kendaraan, di Gerbang Tol Salatiga menuju jalan tol fungsional Salatiga-Kartasura dilakukan filterisasi terhadap kendaraan yang masuk. Pikap dan kendaraan tua yang sarat muatan, diminta untuk berputar dan keluar di Tingkir. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar