Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Polda Jateng Siagakan 4 Ambulan Motor di Jalur Mudik

Sejumlah anggota Bid Dokkes Polda Jateng melihat ambulan motor
yang akan dipakai untuk pertebalan pasukan di jalur mudik. 
Semarang-Untuk kali pertama, Bid Dokkes Polda Jawa Tengah menyiagakan empat sepeda motor ambulan di titik-titik jalur mudik tahun ini. Sepeda motor ambulan itu disiagakan, sebagai pertolongan pertama bagi pemudik yang membutuhkan.

Kasubdit Bid Dokkes Polda Jateng AKBP dr. Ratna Relawati mengatakan unit ambulan motor yang disiagakan itu, sebagai layanan kesehatan untuk bisa menembus kemacetan di jalur mudik. Terutama, jalur-jalur mudik yang diprediksi mengalami kepadatan kendaraan.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya, terutama di wilayah Brebes Timur saat Lebaran 2016 lalu, sepeda motor menjadi solusinya. Sebab, jika menggunakan mobil tidak akan mampu menembus kemacetan.

Ratna menjelaskan, setiap polres di Jateng juga sudah menyiagakan ambulan motor dengan jumlah yang bervariasi. Sehingga, pihaknya hanya memertebal di wilayah yang belum dijangkau polres terdekat.

"Jadi, sebetulnya ambulan motor yang ada di Bid Dokes ini sifatnya hanya penebala. Kalau di masing-masing polres sudah ada. Bid Dokes Polda Jateng menyiapkan empat ambulan motor, dua ditempatkan di Manyaran, dan masing-masing satu di Slawi dan Gandulan. Tujuannya tentu untuk memberikan pertolongan, karena kita antisipasi kalau macet," kata dr. Ratna, Rabu (6/6).

Lebih lanjut Ratna menjelaskan, ambulan motor akan memberikan pertolongan pertama kepada pemudik yang membutuhkan. Misalnya pertolongan yang hanya bersifat assessment, baik keluhan sakit ringan maupun tabung oksigen jika diperlukan.

"Motor ini lebih cepat menolongg korban kecelakaan atau pelayanan kesehatan lainnya," ujarnya.

Selain menyiagakan ambulan motor, lanjut Ratna, Bid Dokkes Polda Jateng juga menyiapkan mobil ambulan di setiap pospam di sepanjang jalur mudik. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar