Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Sudirman: Hari Lebaran Momentum Pertukaran Pengetahuan Antara Orang Desa dan Kota

Cagub Sudirman Said (kanan) bersilayurahim dengan tokoh agama di
Kabupaten Pekalongan, belum lama ini. Foto: ISTIMEWA 
Semarang-Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengatakan pada perayaan Hari Raya Idul Fitri ini, menjadi momentum memanfaatkan kaum urban berkampanye di desa saat mudik ke kampung halaman.

Menurutnya, orang-orang kota yang pulang ke kampung halaman bisa ikut melakukan sosialisasi dirinya dan pasangannya, Ida Fauziyah, ke sanak saudara dan kerabat di desa. 

Sudirman yakin, dengan cara itu dipandang cukup efektif dan masif karena akan terjadi interaksi antara orang desa dengan orang kota yang mudik. Sehingga, orang-orang kota yang mudik itu dengan pengetahuannya akan lebih mudah menjelaskan siapa yang mau dipilih dn apa yang dihadapi gubernur incumbent.

Kesempatan itu, jelas Sudirman, akan menjadi modal kemenangan. Sebab, ada komunikasi yang intens dan masif selama berada di kampung halaman. Terlebih lagi, orang-orang kota akan membawa pesan harus ada yang berubah.

"Lebaran itu orang-orang kota akan pulang kampung. Masyarakat kota ini sudah tahulah siapa yang sebaiknya dipilih, karena mereka baca koran dan baca berita serta masalah yang dihadapi incumbent. Orang desa akan bertanya pada orang kota, dan inilah kesempatan mereka untuk berinteraksi. Saya kira akan terjadi interasi yang masif, antara masyarakat perdesaan dan orang kota saat Lebaran. Dan itu akan membawa pesan bahwa Jawa Tengah harus berubah," kata Sudirman di Semarang.

Keyakinan itu, lanjut mantan menteri ESDM tersebut, ketika dirinya bertemu dengan sejumlah komunitas warga Jateng di Jakarta. Misalnya komunitas warung Tegal, jamu, tukang bakso dan lain sebagainya. Semua komunitas tersebut pada Lebaran akan pulang kampung, dan siap ikut mengkampanyekan dirinya ke saudara-saudara di desanya.

"Mereka akan ikut memengaruhi masyarakat desa. Makanya kita optimistis bisa menang, Insya Allah," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar