Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Cegah MERS, Menkes Ingatkan Jamaah Calhaj Tak Dekati Unta Saat di Tanah Suci

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek meminta para
jamaah calon haji, untuk mencegah virus MERS selama
di Tanah Suci tidak mendekati unta. 
Semarang-Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mewanti-wanti kepada para jamaah calon haji (calhaj), agar tidak berinteraksi atau berdekatan dengan unta selama berada di Arab Saudi. Peringatan itu disampaikan, untuk mengantisipasi terjangkitnya virus Middle East Respiratory Syndrome atau MERS. Sebab, virus itu salah satu penularannya lewat air liur unta.

Menurutnya, imbauan untuk tidak berinterasi dengan unta walaupun sekadar foto bersama sudah disampaikan melalui sejumlah embarkasi. Tujuannya, agar seluruh jamaah calhaj tahu dan paham bahaya dari MERS. Ia juga menganjurkan kepada jamaah calhaj, agar selalu menggunakan masker saat di Tanah Suci ketika sedang melaksanakan kegiatan apapun.

Nila Moeloek menjelaskan, virus MERS hingga kini masih menjadi kewaspadaan dalam penyelenggaraan ibadah haji. Karena, virus itu menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan kematian bagi penderitanya bila terlambat penanganan medisnya.

Menkes juga mengimbau jamaah calhaj, agar selalu menyediakan obat-obatan pribadi yang dibutuhkan. Terutama, bagi jamaah yang memiliki riwayat sakit. Pihak Kementerian Kesehatan juga tetap menyiagakan tim kesehatan, untuk mendampingi kelompok jamaah calhaj saat di Tanah Suci.

"Kita sudah membuat namanya tim promotif dan preventif. Jadi, setiap kelompok dikawal untuk selalu diingatkan makan dan minum obat bagi jamaah lansia dan menderita sakit. Tim akan dibekali peralatan kesehatan sederhana, termasuk semprotan air untuk membasahi wajah, karena di sana cukup panas. Kami juga siagakan tim kesehatan cepat tanggap kalau diperlukan tindakan darurat," kata menkes saat di Semarang.

Lebih lanjut Nila Moeloek menjelaskan, para jamaah calhaj juga diminta selalu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji. Serta, selalu memerhatikan pola makan dan mengonsumsi buah dan sayur ditambah minum air untuk menghindari dehidrasi.

"Jangan lupa selalu berkoordinasi dengan pendampingnya, jika ada keluhan kesehatan," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar