Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Cegah Penyakit Kronis, BPJS Kesehatan Semarang Ajak Warga Rutin Berolahraga

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang Bimantoro
(dua dari kiri) mengikuti senam kolosal di Lapangan Banteng Raider,
Minggu (29/7) kemarin. 
Semarang-Berperilaku hidup sehat dan mudah dan murah itu gampang, hanya tinggal niat dari masing-masing pribadinya. Hal itu dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang Bimantoro ketika mengikuti senam kolosal di Lapangan Banteng Raider, Minggu (29/7).

Menurut Bimo, panggilan akrabnya, dengan menerapkan pola hidup sehat dengan senam rutin setiap pagi, maka akan meningkatkan kebugaran dan sistem imun tubuh. Sehingga, tubuh tidak mudah sakit.

Bimo menjelaskan, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat, maka penyakit bisa dicegah. Bahkan, penyakit dengan risiko kematian semisal penyakit kronis bisa dicegah melalui pengelolaan hidup sehat.

"Kita biasakan memang di setiap faskes primer, baik puskesmas, klinik maupun dokter keluarga itu ada program pengelolaan penyakit kronis dan kita biayai. Setiap minggu kita kumpulkan orang-orang yang menderita penyakit kronis sambil berolahraga bersama dan komitmen mengubah pola hidup sehat," kata Bimantoro.

Lebih lanjut Bimo menjelaskan, beberapa penyakit kronis berbahaya semacam hipertensi, stroke dan diabetes militus setiap tahun terjadi peningkatan yang cukup tajam. Bahkan, karena terlambat penanganannya menyebabkan penderita meninggal dunia.

"Dengan adanya program pengelolaan penyakit kronis ini, bisa meminimalkan penderita meninggal dunia. Program pengelolaan penyakit kronis di faskes primer sudah diselenggarakan sejak lama," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono menambahkan, penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, hipertensi dan gagal ginjal menjadi penyakit berbahaya akibat pola hidup tidak sehat.

Oleh karena itu, pihaknya mendukung upaya BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang untuk mengolahragakan masyarakat secara rutin dan masal.

"Dan berharap, olahraga masal ini menjadi sebuah gerakan masal. Olahraga adalah satu upaya pencegahan yang paling efektif," ucapnya.

Diketahui, pada 2017 kemarin BPJS Kesehatan membiayai penyakit kataspropik sebesar Rp18,4 triliun atau 21,8 persen dari total biaya pelayann kesehatan yang dikeluarkan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar