Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinas Pendidikan Jateng Coret 500 Calon Siswa Yang Gunakan SKTM Aspal

Kepala BP2MK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Jasman me-
nyebutkan ada kurang lebih 500 calon siswa dicoret karena diduga
menggunakan SKTM asli tapi palsu, Senin (9/7).
Semarang-Sebanyak 500 calon siswa yang mendaftar ke sekolah menengah atas negeri (SMAN), harus dicoret dari daftar sementara. Sebab, mereka kedapatan menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang diduga asli tapi palsu.

Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Jasman Indratmo  mengatakan jumlah itu baru sementara, dan dimungkinkan masih ada penambahan. Sebab, pihak sekolah masih melakukan verifikasi terhadap para calon siswa yang mendaftar melampirkan SKTM.

Menurutnya, dari awal pendaftaran SMAN melalui online, diketahui ada 62 ribuan calon siswa mendaftar menggunakan SKTM. Sehingga, pihaknya harus benar-benar selektif terhadap para calon yang mendaftar menggunakan SKTM.

"Yang sudah kami coret lewat data online itu ada 500-an siswa. Jumlahnya naik turun, saat ini masih berproses terus. Kami coret karena ada indikasi SKTM-nya asli tapi palsu," kata Jasman, Senin (9/7).

Lebih lanjut Jasman menjelaskan, temuan SKTM yang diduga asli tapi palsu itu hampir merata di seluruh kabupaten/kota di Jateng. 

"Ini menjadi pembelajaran buat kita semua, sehingga ada kerja sama dengan RT/RW hingga lurah dan camat. Sebab, mereka adalah pihak yang berwenang mengeluarkan SKTM," ujarnya.

Sementara itu, lanjut Jasman, sejak dibuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tingkat SMAN se-Jateng ada 113.092 calon siswa yang mendaftar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar