Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Jokowi Minta Soto dan Sate Dijual di Rest Area

Presiden Jokowi (tiga dari kiri) didampingi Gubernur Jateng
Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PU
PR Basuki Hadimuljono meresmikan jalan Tol Kartasura-Sragen,
Minggu (15/7). Foto: ISTIMEWA 
Boyolali-Pengelola jalan tol yang ada di seluruh Indonesia, diminta untuk memprioritaskan penjualan produk atau makanan lokal khas daerah setempat. Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan Tol Kartasura-Sragen di Gerbang Tol Ngemplak, Boyolali, Minggu (15/7).

Jokowi mengatakan para pengelola jalan tol, diimbau bisa menggandeng para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di antaranya makanan, minuman dan kerajinan khas daerah sekitar.

Menurutnya, ia sudah meminta kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna mewujudkan kegiatan tersebut. Dengan demikian, produk-produk pelaku UMKM bisa dijual di rest area jalan tol.

Mantan gubernur DKI itu menjelaskan, dengan melibatkan para pelaku UMKM berjualan di rest area, maka tidak ada lagi pedagang mengeluh karena omzetnya turun akibat pembangunan infrastruktur.

"Mengenai rest area, jangan sampai titik-titik yang ada kegiatan ekonomi itu justru diisi oleh merek-merek asing atau brand-brand asing. Saya minta di setiap rest area jualannya bukan McD, bukan Kentuky dan buka Starbucks. Harus mulai diganti sate, soto atau gudeg. Saya sudah perintah ke menteri BUMN dan menteri PU untuk diubah kerja sama dengan kabupaten/kota dan provinsi. Sehingga, yang namanya batik bisa dijual rest area dan telur asing bisa dijual di rest area," kata Jokowi.

Lebih lanjut mantan wali kota Surakarta itu menjelaskan, rest area di sepanjang jalan tol harus bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan usaha masyarakat. Sehingga, jangan sampai dikuasai produk atau merek asing.

"Nanti kalau sudah ada di rest area kan beda lagi, saya engga tahu kerja samanya dengan BUMN seperti apa. Tapi buat saya, jangan sampai merasa ada yang ditinggal dengan pembangunan ini," tandas Jokowi.

Diwartakan, Presiden Jokowi meresmikan jalan Tol Solo-Ngawi ruas Kartasura-Sragen. Tarif Tol Kartasura-Sragen juga sudah ditetapkan sebesar Rp35 ribu untuk kendaraan golongan I, dan mulai berlaku pada 17 Juli 2018 pukul 00.00 WIB. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar