Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kurangi Penggunaan Gawai Pada Anak, Balkesmas Klaten Bentuk Kader Muda Kesehatan

Kepala Dinkes Jateng dr Yulianto Prabowo mengajak anak-anak belajar
tidak terlalu sering menggunakan gawai, dan memilih bermain di luar
permainan tradisional bersama teman. Foto: ISTIMEWA 
Klaten-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo, M.Kes mengatakan dalam upaya mengampanyekan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), maka penggunaan gawai bagi anak-anak memang harus dikurangi. Sehingga, dalam momentum Hari Anak Nasional tahun ini akan lebih bermakna dengan mengarahkan anak pada kegiatan positif berupa olah fisik.

Menururnya, dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional tahun ini, pihaknya mengapresiasi langkah Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Klaten yang meluncurkan Organisasi Kader Muda Kesehatan Masyarakat, kemarin. Balkesmas Wilayah Klaten ingin mengedukasi penggunaan gawai bagi anak-anak.

Yulianto menjelaskan, upaya pengenalan permainan tradisional kepada anak-anak zaman sekarang akan melatih motorik anak dan olah tubuh secara sehat.

"Program Germas yang dikemas dengan tujuan pengurangan penggunaan gadget bagi anak itu sangat penting. Ini yang harus diketahui si anak dan orang tuanya, kalau kebanyakan main HP tidak baik," kata Yulianto saat memerankan tokoh "Pak De" untuk mengajak anak bermain permainan tradisional di Halaman Kantor Balkesmas Wilayah Klaten, kemarin.

Pelaksana tugas Kepala Balkesmas Wilayah Klaten Agus Tri Cahyono menambahkan, program Germas dengan menyasar anak-anak kali ini untuk membatasi penggunaan gawai. Karena, belakangan ini semakin banyak anak bermain gawai dibanding bermain di luar rumah bersama teman-temannya.

"Kita ajak mereka melakukan gerak tubuh untuk kesehatan dan lupakan gadget. Kita juga kenalkan kepada mereka permainan tradisional untuk melatih motorik anak," ujarnya.

Menurut Agus, pihaknyaa juga mengajak generasi muda dengan pembentukan Organisasi Kader Muda Kesehatan Masyarakat, agar ikut mengenalkan gaya hidup sehat di tengah masyarakat. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar