Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Lewat SBMPTN, Undip Jaring 3.569 Calon Mahasiswa

Semarang-Undip pada tahun ini menerima 3.569 calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SBMPTN, pada tahun ini meningkat sebesar 14 persen jika dibanding tahun sebelumnya.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Muhamad Zaenuri mengatakan beberapa fakultas yang ada di Undip, menjadi fakultas favorit para pendaftar. Di antaranya adalah fakultas hukum, ekonomika dan bisnis serta psikologi menjadi fakultas yang paling banyak diminati untuk kelompok bidang ilmu sosial humaniora. Sementara fakultas kedokteran, kesehatan masyarakat dan teknik sipil menjadi fakultas yang paling banyak diminati untuk kelompok bidang ilmu sain dan tehnologi.

Menurutnya, tingkat peminatan berbeda dengan tingkat keketatan persaingan masuk. Semakin kecil angka persentasenya, maka semakin ketat persaingannya.

"Contoh prodi farmasi dalam SBMPTN tahun ini peminatnya 1.788 calon dan diterima 34 orang. Jadi, persentase keketatan masuk ke prodi itu sebesar 1,95 persen. Sedangkan fakultas perikanan dan ilmu kelautan prodi perikanan tangkap, persentase keketatannya agak longgar, yakni 12 persen. Sebab, jumlah peminat 350 calon dan diterima 42 orang," kata Zaenuri dikutip dari rilis yang diterima kilas9.com.

Lebih lanjut guru besar fakultas ilmu perikanan dan kelautan itu menjelaskan, bagi yang belum beruntung diterima melalui jalur SBMPTN masih ada kesempatan masuk melalui jalur Ujian Mandiri.

"Undip masih ada kuota 30 persen dari total calon mahasiswa yang akan diterima di jalur mandiri. Silakan belajar dan bersaing melalui jalur ini," ujarnya.

Sebelumnya, Undip telah menerima 2.929 calon mahasiswa dari jalur undangan atau SNMPTN. Dari 2.929 calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di Undip, sebanyak 2.784 sudah melakukan daftar ulang.

"Mereka yang dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN dan tidak melakukan daftar ulang, mungkin diterima di akademi kedinasan atau tidak sesuai dengan fakultas/prodi pilihan pertamanya," pungkas Zaenuri. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar