Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Mabes Polri Akan Fasilitasi Calon Taruna Yang Gagal Untuk Masuk Bintara Tanpa Tes

As SDM Polri Irjen Pol Arif Sulistyanto mengarahkan catar tidak lolos,
bisa daftar ke bintara Polri tanpa tes, Selasa (10/7).
Semarang-Mabes Polri akan memberikan tiket emas kepada para calon taruna (catar) yang tidak lolos masuk di Akademi Kepolisian (Akpol), untuk langsung diterima di sekolah bintara. Sebab, dari 376 catar yang dipanggil ikut seleksi tingkat pusat hanya 250 catar dinyatakan diterima.

Asisten SDM Polri Irjen Pol Arif Sulistyanto mengatakan setiap tahap seleksi yang dilakukan di Akpol, pihaknya melakukan pemulangan terhadap catar bila dianggap tidak memenuhi syarat. Salah satunya di pemulangan tahap pertama saat pemeriksaan administrasi dan kesehatan, Selasa (10/7).

Mantan kapolda Kalimantan Barat itu, di seleksi kesehatan ada tujuh catar yang dinyatakan gugur dan dikembalikan ke polda masing-masing. Di antaranya dari Polda Metro Jaya, Polda Jateng dan Polda Papua Barat.

Arif Sulistyanto menjelaskan, dari 376 catar nanti akan diterima 250 catar saja. Catar yang dinyatakan gugur di tahap akhir, akan mendapat tiket langsung tanpa tes ke sekolah Bintara Polri. 

Sedangkan di setiap tahapan pemulangan, lanjut Arif, pihaknya menyediakan tim psikolog untuk memberikan pendampingan kepada catar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Yang jelas bahwa proses pemeriksaan kesehatan dan seluruh proses seleksi di tingkat pusat ini, dilakukan lebih ketat daripada di polda. Contoh pemeriksaan kesehatan, jauh lebih ketat dengan melibatkan dokter-dokter spesialis yang dimiliki Polri," kata Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, dengan semakin ketat proses seleksi di tingkat pusat, maka akan didapat calon-calon perwira yang berkualitas.

Sementara, Karodal Pers SDM Brigjen Pol Sudarsono menambahkan, dalam proses rekrutmen catar di Akpol pihaknya menjamin transparansi dan akuntabilitas. Bahkan, penilaian dari setiap tes atau seleksi akan disampaikan kepada orang tua catar lewat aplikasi di jejaring online. 

"Kami pastikan jika semua tahapan yang dilalui bersifat terbuka dan tidak mengenal titipan," ujarnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar