Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinakertrans Jateng Masih Beri Toleransi Pengusaha Yang Belum Susun Struktur Skala Upah

Wika Bintang
Kepala Dinakertrans Jateng
Semarang-Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Tengah Wika Bintang mengatakan masih banyak pengusaha di provinsi ini, yang belum menerapkan atau menyusun struktur skala upah. Padahal, aturan itu telah diatur di dalam PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Menurutnya, Dinakerstrans Jateng masih memberikan toleransi kepada pengusaha di provinsi ini hingga akhir 2018 untuk menyusun dan menerapkan struktur skala upah. Apabila sampai akhir tahun ini belum juga menerapkan, maka akan ada sanksi yang akan dikenakan kepada pengusaha.

"Binteknya terus dan dari kabupaten/kota banyak yang minta dan kami datang kemudian perusahaan dikumpulkan. Ternyata peminatnya cukup banyak. Kita masih kasih waktulah sampai akhir Desember 2018. Kalau lewat ada sanksinya bila belum menerapkan, sanksinya administratif dan berjenjang. Kalau masih belum juga, bisa saja kami rekomendasikan ke dinas terkait untuk pencabutan izin usahanya," kata Wika, Kamis (16/8).

Lebih lanjut Wika menjelaskan, sampai dengan saat ini sudah ada beberapa pengusaha yang sudah menerapkan struktur skala upah.

Tujuan diterapkan struktur skala upah, jelas Wika, agar pendapatan buruh atau pekerja di Jateng yang diterima setiap bulannya di atas upah minimum kabupaten/kota (UMK).

"Yang sudah menerapkan struktur skala upah kalau saya lihat, masih pengusaha kelas menengah atas, karena memang menjadi prioritas. Tapi, perusahaan kecil juga tetap wajib," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar