Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ini Alasan Kemenkes Anjurkan Masyarakat Perbanyak Makan Sayur dan Buah Daripada Nasi

Semarang-Kepala Seksi Penyebarluasan Informasi Kesehatan Pimanih mengatakan pihaknya kini tengah getol-getolnya mengampanyekan "Isi Piringku", pengganti dari slogan "4 Sehat 5 Sempurna" sebagai pedoman konsumsi harian untuk memenuhi gizi yang seimbang.

Pimanih menjelaskan, slogan "4 Sehat 5 Sempurna" dianggap dalam perkembangan ilmu gizi tidak lagi tepat. Sehingga, Kemenkes mencoba mengampanyekan program "Isi Piringku" kepada masyarakat.

Menurutnya, "Isi Piringku" menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring. Terdiri dari 50 persen buah dan sayuran, serta sisanya adalah karbohidrat dan protein.

Pimanih menjelaskan, kampanye "Isi Piringku" menekankan untuk membatasi konsumsi gula, garam dan lemak dalam konsumsi harian. Karena, biasanya seseorang mengonsumsi gula sebanyak empat sendok makan tiap hari. Sedangkan garam hanya satu sendok teh dan lemak maksiml lima sendok makan.

"Meningkatkan makan sayur dan buah. Mengapa makan sayur dan buah? Sekarang banyak penyakit seperti diabetes. Mengapa engga minum teh manis tapi kena gula, karena porsi nasinya banyak. Kalau karbohidrat banyak, itu selain diabetes juga ada penyakit bawaan lainnya," kata Pimanih saat kunjungan ke Slawi belum lama ini.

Lebih lanjut Pimanih menambahkan, di dalam program "Isi Piringku" tersebut juga diberikan kampanye pendamping. Yakni menekankan pada empat hal penting, mulai dari cuci tangan sebelum makan, minum air putih secukupnya dan memantau tinggi badan dan berat badan. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar