Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Lewat Senam Nafas Segar, Balkesmas Klaten Sosialisasikan Germas

Salah satu pengunjung sedang melakukan tes pengecekan kapasitas
paru menggunakan spirometri di stan milik Dinkes Jateng. 
Semarang-Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Klaten mempunyai cara jitu, di dalam mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada masyarakat. Salah satunya, dengan menggelar senam asma. 

Salah satu instruktur senam nafas segar Balkesmas Wilayah Klaten Emi Noviati ketika ditemui di stan milik Dinas Kesehatan Jawa Tengah di Jateng Fair 2018 mengatakan senam nafas segar sebenarnya adalah senam asma, karena senam asma terkesan hanya untuk penderita asma saja, maka namanya diubah menjadi senam nafas segar. Sehingga, siapapun bisa dan mau mengikuti kegiatan senam tersebut. 

Emi mengatakan senam nafas segar sudah berlangsung sejak 2006 silam, dan pesertanya terus bertambah. Saat ini, tercatat peserta aktif dari senam nafas segar sebanyak 70 orang.

"Dulu pas awal dimulai senam asma namanya, tidak banyak yang ikut dan hanya beberapa saja. Mereka masih beranggapan bahwa senam asma hanya untuk penderita asma saja," kata Emi.

Menurut Emi, senam nafas segar dilakukan sepekan sekali di hari Minggu pagi di halaman Balkesmas Wilayah Klaten. 

"Lamanya senam hanya 45 menit saja, dan prosesnya senam ada beberapa tahapan seperti pemanasan sampai pendinginan," tandasnya. (K-08) 

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar