Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Polda Jateng Amankan Jaringan Begal Antarprovinsi Yang Menyamar Jadi Polisi

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono (tiga dari kiri) menunjukkan
barang bukti berupa seragam Polri yang digunakan tersangka untuk
melancarkan aksi begalnya, Rabu (1/8).
Semarang-Jajaran Direktorat Reskrim Umum Polda Jawa Tengah menangkap jaringan penjahat jalanan atau yang dikenal dengan sebutan begal, dengan jumlah tersangka mencapai 10 orang. Mereka merupakan tiga kelompok yang berbeda, dan sudah melakukan serangkaian aksi perampokan di jalur pantura.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan ketiga kelompok begal tersebut, tidak saling mengenal satu dengan yang lain. Satu di antaranya dikenal dengan sebutan kelompok Palembang-Lampung.

Menurutnya, modus yang digunakan para tersangka adalah dengan berpura-pura menjadi sebagai anggota polisi sedang bertugas.

Kapolda menjelaskan, sasaran dari para pelaku begal itu adalah kendaraan roda empat jenis mobil boks. Sebab, mobil boks tersebut diperkirakan membawa barang-barang yang mudah dijual.

Dari hasil kejahatan para pelaku tersebut, jelas Condro, total kerugian para korbannya mencapai Rp1,6 miliar.

"Itu di wilayah mulai dari pantura Lamongan, Jawa Timur sampai ke Batang dan Pekalongan serta Slawi baru masuk ke Bandung, Jawa Barat. Mereka melakukan dengan menyaru sebagai seorang petugas polisi. Sasarannya sudah jelas, sudah diketahui, yaitu mobil boks yang diperkirakan memuat barang-barang berharga," kata kapolda saat gelar perkara di Mapolda, Rabu (1/8).

Lebih lanjut Condro meminta kepada masyarakat, agar berhati-hati saat melintas di jalan, terutama jalanan yang sepi dan jauh dari keramaian. Karena, pelaku kejahatan akan memanfaatkan lokasi sepi untuk melakukan tindak kejahatan.

Bahkan, ia juga mengimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan adanya seorang polisi yang melakukan pemeriksaan atau razia sendirian di jalan. 

"Kalau razia resmi dari kepolisian itu, selalu dilengkapi dengan mobil polisi dan tanda pemberitahuan ada kegiatan kepolisian," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar