Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Sosialisasikan CERDIK, Dinkes Jateng Harap Masyarakat Bisa Terapkan Pola Hidup Sehat

Semarang-Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Jawa Tengah Arfian Nevi mengatakan pihaknya memiliki cara jitu, untuk mengedukasi masyarakat terhindar dari penyakit tidak menular. Misalnya diabetes, jantung maupun kolesterol.

Sebagai bagian dari program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), jelas Arfian, maka masyarakat perlu diedukasi untuk memulai pola hidup sehat. Yakni melalui CERDIK.

Menurutnya, pola hidup bisa menjadi penentu kesehatan seseorang. Tidak hanya faktor keturunan, tetapi juga ada faktor lingkungan dan perilaku masyarakat.

Arfian menjelaskan, faktor perilaku yang sehat bisa dibentuk sejak dini melalui kesadaran diri sendiri. Yaitu dengan menerapkan CERDIK.

"Untuk mengingatnya kita menyingkatnya agar lebih mudah diingat, CERDIK. CERDIK ini intervensinya dengan melihat latar belakangnya. C-nya itu cek kesehatan secara rutin, E-nya enyahkan asap rokok. Berikutnya R-rajin olahraga, D-nya diet sehat, I-nya istirahat cukup dan terakhir K-nya kelola stres," kata Arfian, Senin (27/8).

Lebih lanjut Arfian menjelaskan, apabila masyarakat sudah paham dan bisa menerapkan CERDIK, maka pola hidup sehat bisa dijalani.

"Intinya mau hidup sehat saja, itu sudah cukup. Makan teratur, olahraga teratur dan istirahat yang teratur," tandasnya. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar