Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Bank Indonesia Dorong Perkembangan Desa Wisata

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara (dua dari
kiri) secara simbolik menyerahkan bantuan kepada per-
wakilan Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabu-
paten Magelang, kemarin. 
Magelang-Sektor pariwisata menjadi sektor paling potensial, di dalam mendongkrak perekonomian daerah sekitar. Karena, dengan sektor pariwisata yang berkembang, maka akan menarik minat para wisatawan datang. Baik wisatawan mancanegara maupun domestik.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan khusus untuk wisatawan mancanegara, akan memberikan dampak cukup luas karena mampu meningkatkan devisa negara.

Menurutnya, Bank Indonesia juga tidak tinggal diam di dalam memajukan dan mendorong perkembangan pariwisata di Tanah Air. 

Miirza menjelaskan, pihaknya juga memberikan apresiasi dan atensi kepada Desa Wisata Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Sebab, selama ini keberadaan desa wisata yang berada di sekitar Candi Borobudur mampu menggaet wisatawan mancanegara cukup banyak per tahunnya. Oleh karena itu, pihaknya memberikan atensi lewat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dengan pembangunan sarana dan fasilitas serta pembangunan MCK komunal dan pembangunan tempat sampah permanen.

"Kegiatan di Desa Candirejo ini mendorong kegiatan pariwisatanya di sekitar Borobudur, karena desa pariwisata ini sudah jalan dan turisnya sudah tujuh ribuan yang datang. Kebanyakan adalah turis mancanegara," kata Mirza di sela pemberian bantuan PSBI, Rabu (29/8).

Lebih lanjut Mirza menjelaskan, pihaknya juga melakukan perbaikan transportasi tradisional berupa andong untuk wisatawan berkeliling desa sebanyak 25 unit. Sehingga, diharapkan sektor pariwisata di Desa Candirejo bisa lebih berkembang dan menghasilkan devisa bagi negara.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo menambahkan, pihaknya terus memberdayakan ekonomi desa wisata dan meningkatkan peranan wanita serta generasi muda sekitar. 

Sehingga, jelas Ponco, dengan mengoptimalkan potensi daerah di desa wisata, maka akan menggerakkan roda perekonomian sekitarnya.

"Memang untuk tahun ini sudah beberapa tempat yang kita berikan bantuan, ada 3-4 tempat. Ini memang rutin kita kerjakan. Fokusnya disesuaikan dengan permasalahan yang timbul, misal di Desa Candirejo kita benahi MCK-nya karena ini banyak dikeluhkan wisatawan. Harapannya tentu saja, wisatawan makin banyak yang datang dan semkin betah di Desa Candirejo," ujarnya.

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan maka akan menambah kas desa menumbuhkan kelompok usaha baru. Sehingga, akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar