Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tol Semarang-Batang Terus Dikejar Penyelesaian Pembangunannya

Dirut Jasa Marga Desi Arryani (dua dari kanan) saat meninjau proyek
pembangunan jalan tol Batang-Semarang di Jembatan Kalikuto.
Foto:ISTIMEWA 
Semarang-PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) terus berupaya menyelesaikan pembangunan jalan tol Batang-Semarang, agar selesai sesuai target yang ditetapkan. 

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan sampai dengan akhir Agustus 2018 ini, pengerjaan konstruksi jalan tol tersebut sudah mencapai 86,12 persen. Sedangkan untuk pembebasan lahannya, telah mencapai 88,46 persen. Hal ini diungkapkannya, saat kunjungan kerja ke jalan tol Batang-Semarang bersama Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Rabu (29/8).

Menurutnya, ia mengapresiasi sejumlah langkah inovasi percepatan yang dilakukan PT JSB di dalam progres pembangunan konstruksi jalan tol Batang-Semarang. 

"Untuk lahan, kita targetkan selesai awal September dan konstruksi awal November 2018," kata Desi dikutip dari rilis. 

Dirinya berharap, proyek pengerjaan jalan tol Batang-Semarang bisa selesai pada akhir 2018 dan beroperasi pada awal 2019 mendatang. 

Sementara, Direktur Utama PT JSB Arie Irianto menambahkan, pihaknya mengaku masih ada beberapa detil pekerjaan yang belum tuntas. Misalnya pembebasan lahan di sekitar Jembatan Landak. Pihaknya juga masih menunggu validasi, terkait lahan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

Selain itu, lanjut Arie, sejumlah fasilitas lain juga masih dalam proses penyelesaian. Misalnya pembangunan rest area, penerangan, marka jalan dan saluran air. Rencananya, untuk rest area di jalan tol Semarang-Batang akan dikelola kelompok usaha Jasa Marga lainnya, yakni PT Jasamarga Properti.

"Kami akan memonitor progres dan action plan dari jalan tol Semarang-Batang, agar tercapai sesuai yang ditargetkan," ujar Arie.

Lebih lanjut Arie menjelaskan, untuk saat ini sebagian besar jalan tol Semarang-Batang sudah dalam bentuk rigid pavement dan sebagian kecil lainnya berupa lean concrete atau lantai kerja dengan ketebalan sekira 10 sentimeter. 

Diwartakan sebelumnya, jalan tol Batang-Semarang memiliki panjang 75 kilometer dan dibagi menjadi lima seksi. Seksi 1 Batang-Batang Timur sepanjang 3,20 kilometer, Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 km), seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,50 Km) dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak (10,10 km).

Jalan tol Batang-Semarang akan menyambungkan tiga kota di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kota Semarang. Keberadaan jalan tol ini juga mampu memangkas waktu tempuh satu jam lebih cepat, bila dibandingkan dengan jalur yang telah ada sebelumnya. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar