Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kemendagri Bantu Sisir DPT Ganda di Pemilu 2019

Semarang-Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan pihaknya akan membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU), untuk menyisir kemungkinan masih adanya pemilih ganda di daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Menurutny, Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil akan ikut mendampingi dan membantu KPU serta Bawaslu dalam mengakses data pemilih yang dibutuhkan. 

Zudan menjelaskan, bentuk pendampingan yang diberikan Ditjen Dukcapil terhadap Pemilu 2019 di antaranya adalah mengkaji DPT dan hasilnya akan disampaikan kepada KPU sebagai bahan pertimbangan. 

"Kita menyisir data ganda, dan akan bantu agar data ganda yang di-DPT itu seminimal mungkin. Memang kita sudah ada komitmen dengan KPU, dan betul ada data ganda dan NIK ganda. Nah, kita bantu untuk membersihkannya," kata Zudan saat di Semarang.

Saat ini, jelas Zudan, pihaknya sudah melakukan kajian dan verifkasi terkait data kependudukan di DPT.

"Kami tiap dua pekan sekali akan melakukan pemutakhiran bersama KPU di DPT yang masih ada kemungkinan pemilih ganda," ujarnya.

Pihaknya, lanjut Zudan, mengimbau kepada masyarakat jika menemukan adanya daftar pemilih ganda bisa melapor ke Dinas Dukcapil setempat untuk dilakukan pembuktian.

Sementara, mantan Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo menyatakan, pihaknya menemukan ada 34.854 pemilih ganda di DPT Pemilu 2019 dan sudah dilakukan pencoretan. 

Setelah dilakukan pencermatan, jelas Joko, maka total DPT Jateng di Pemilu 2019 menjadi 27.395.415 pemilih dari sebelumnya 27.430.269 pemilih.

"Yang betul-betul ganda sudah kita coret, totalnya 34.854 pemilih. Sehingga, di masa pemeliharaan DPT ini kita coba cermati terus bersama forum koordinasi pemitakhiran data pemilih," jelas Joko. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar