Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Akan Dorong Potensi Lokal Agar Tak Tergantung Produk Impor

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada para pengusaha di dalam negeri, terutama di Jateng, agar bisa memaksimalkan produk-produk lokal. Bahkan, bisa menggantikan produk-produk impor asal luar negeri yang harganya semakin mahal akibat nilai tukar Dollar Amerika Serikat terus fluktuatif.

Menurutnya, di Jateng ada banyak potensi lokal yang bisa diunggulkan untuk menggantikan barang-barang asal luar negeri.

Ganjar menjelaskan, banyak produk lokal yang bisa dikembangkan dan layak dijual ke luar negeri. Sehingga, masyarakat tidak terus tergantung dengan produk impor.

"Bagaimana kalau kita melihat potensi lokal yang ada, dan Kemlu akan membantu untuk ikut memasarkan. Misalnya kopi kita kan bagus, tekstil kita beberapa bahan dasarnya memang ada yang impor tapi bahan jadinya banyak ekspor juga. Nah, coba itu kita genjot potensi-potensi ini yang bisa kita dorong dan sesuai anjuran Pak Presiden tentang menggunakan mata uang asing sedikit mungkin," kata Ganjar, Rabu (19/9).


Ganjar lebih lanjut menjelaskan, bisa produk lokal bisa dikembangkan dan menjadi kebanggaan masyarakat, maka mampu bersaing secara kompetitif. Imbasnya adalah masyarakat tidak lagi tergantung dengan barang luar negeri.

"Bila inovasi produk lokal bisa dikembangkan, maka mampu menjawab tantangan zaman," ujarnya.

Oleh karena itu, jelas Ganjar, para pengusaha Jateng harus mampu berinovasi untuk menunjukkan kualitas produk-produknya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

"Jadi, bikin produk lokal yang jadi unggulan daerah dan bisa menembus pasar dunia," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar